Kapolres Muara Enim AKBP AFNER JUWONO, S.H.,S.IK.,MH, membacakan kata sambutannya
NUSANTARA SUMATERA SELATAN UMUM

Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional di Polres Muara Enim.

MUARA ENIM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dilaksanakan di lapangan apel Polres Muara Enim, Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Muara Enim AKBP AFNER JUWONO, S.H.,S.IK.,MH, Jum’at (17/01/2020)

Hari Kesadaran Nasional diperingati pada tanggal 17 setiap bulan dalam bentuk upacara bendera. kegiatan tersebut diikuti oleh 1 Pelton Perwira, 1 Pelton Sabhara, 1 Pelton gabungan Staf Polres dan polsek, 1 Pelton Bhabinkamtibmas, 1 Pelton Intelkam, 1 Pelton Reskrim dan 1 Pelton ASN Polres Muara Enim.

Dalam amanatnya Kapolres Muara Enim membacanya sebagai berikut : Pada Kesempatan Upacara Bendera Dibulan Pertama Tahun 2020 Ini, Saya Akan Memanfaatkan Waktu Yang Baik Ini Untuk Menyampaikan Informasi Kepada Seluruh Personel Polres Muara Enim Terkait Dinamika Atau Perkembangan Situasi Kamtibmas Yang Terjadi.

Perlu kita sadari bersama bahwa Tugas Polri dikatakan berhasil apabila kehadiran Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan tenteram serta dapat menciptakan suasana tertib dan teratur. Rasa aman dan tenteram ini relatif subyektif sifatnya, sehingga walaupun melibatkan lembaga survey untuk mengukurnya belumlah mampu memberikan nilai yang mendekati obyektif, karena masing-masing individu masyarakat mempunyai persepsi dan kriteria tertentu tentang rasa aman dan tenteram tersebut.

Kapolres Muara Enim AKBP AFNER JUWONO, S.H.,S.IK.,MH, salam komando kepada salah seorang anggota polisi

Demikian juga halnya dengan suasana tertib dan teratur di tengah masyarakat tidak dapat sepenuhnya dibebankan kepada Polri, sebab ketertiban dan keteraturan itu harus ditumbuhkan dalam sikap dan kebiasaan hidup masyarakat itu sendiri, sedangkan Polri bertugas memberi bimbingan, pengawasan dan bila dipandang perlu memberikan penindakan.

Itulah sebabnya sampai kapanpun tugas Polri akan berhadapan dengan kelompok masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Polri dan juga kelompok masyarakat yang tidak puas. Oleh karena itu Polri dituntut untuk mampu meningkatkan kinerjanya secara efektif dan berkesinambungan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat itu sendiri untuk menyelesaikan masalah-masalah keamanan yang potensial maupun yang telah nyata terjadi di lingkungan mereka.

HADIRIN PARA PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

Keberhasilan seluruh personil POLRI dalam menciptakan kondisi yang aman dan tertib di tengah-tengah masyarakat akan mendorong pemerintah untuk dapat membangun pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, menurunkan angka kemiskinan dan melestarikan lingkungan, sebagai prasyarat untuk meningkatnya kesejahteraan rakyat dan kualitas manusia serta memastikan bahwa pembangunan yang sedang dijalankan merupakan program yang berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik.

KHUSUSNYA DI WILAYAH HUKUM POLRES MUARA ENIM AKAN MENGHADAPI BEBERAPA AGENDA PRIORITAS, DIANTARANYA :

  1. Situasi Gangguan Kamtibmas Secara Umum Terbilang Aman Dan Kondusif, Secara Kuantitas Tergambarkan Dari Jumlah Tindak Pidana Selama Periode Januari Hingga Minggu Kekedua Jumlah Tindak Pidana Sebanyak 18 Kasus Dan Sudah Terungkap Sebanyak 11 Kasus, Kejahatan Yang Terjadi Ini Merupakan Kejahatan Yang Meresahkan Masyarakat Atau Kejahatan Jalanan Seperti Curat, Curas, Curanmor Dan Juga Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika.
  2. Saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di wilayah kabupaten muara enim, perlunya perhatian untuk mengantisipasi bencana yang terjadi seperti banjir yang terjadi saat hujan turun, kemungkinan tanah longsor di daerah bukit atau lereng, angin kencang dan pohon tumbang sehingga berdampak pada terganggunya arus lalu lintas yang berakibat terjadinya laka lantas dan kemacetan pada ruas-ruas jalan protokol. Guna mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut perlu dilakukan upaya dengan memberdayakan personel polri dijajaran polres muara enim dan bekerjasama dengan stakeholder, baik bpbd, tni dan seluruh eleman masyarakat untuk bersama mengambil langkah yang cepat dan komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan hingga tuntas, serta lakukan koordinasi sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas dan menyelesaikan permasalahan yang ada;

PESERTA UPACARA YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

Kegiatan tersebut di atas merupakan agenda prioritas kepada seluruh personel polres muara enim dan polsek jajaran untuk mengantisipasinya. Peran dari masing-masing fungsi baik operasioanal maupun pembinaan akan sangat memberikan dampak yang positif dalam menanggulangi permasalahan dimaksud.

Kapolres Muara Enim AKBP AFNER JUWONO, S.H.,S.IK.,MH, memberikan penghargaan kepada salah satu anggota polisi

Sebelum Mengakhiri Amanat Ini, Ada Beberapa Hal Yang Perlu Saya Sampaikan Kepada Seluruh Peserta Upacara Yang Harus Dipedomani Dalam Pelaksanaan Tugas Di Lapangan Antara Lain :

  1. Senantiasa Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Dengan Tetap Menjalankan Perintah Dan Menjauhi Larangannya;
  2. Pererat Jalinan Kerjasama Dan Kemitraan Dengan Jajaran Tni, Lembaga Pemerintah Dan Seluruh Elemen Masyarakat Lainnya Sehingga Terwujud Solidaritas Dan Sinergitas Dalam Pelaksanaan Pengamanan Maupun Dalam Pelaksanaan Tugas Kita Sehari-Hari;
  3. Tetap Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Upaya Pihak Tertentu Yang Akan Melakukan Ancaman Dan Teror
  4. Tingkatkan Kedisiplinan Dalam Melaksanakan Tugas Dan Pengabdian Sebagai Anggota Polri, Dimanapun Anda Bertugas Demi Terwujudnya Keamanan Dan Ketertiban Ditengah-Tengah Masyarakat;
  5. Hindari sekecil apapun bentuk pelanggaran dan penyimpangan. Adanya reward kepada personel yang memiliki prestasi, dan sebaliknya punishment apabila terjadi pelanggaran baik disiplin maupun kode etik profesi polri.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh personil polres muara enim yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. saya mengharapkan apa yang telah kita capai selama ini dapat dijadikan motivasi untuk berbuat yang lebih baik di kemudian hari.

demikian amanat saya, semoga apa yang telah kita lakukan demi bangsa dan negara mendapatkan ridho dari allah subhanahu wa ta’alah dan menjadi ladang amal ibadah bagi kita sekalian. Aamiin.

Setelah upacara Hari Kesadaran Nasional kemudian Kapolres Muara Enim didampingi Kasat Binmas dilanjutkan penyerahan kendaraan Roda – 2 kepada Bhabin kamtibmas sebanyak 6 unit kepada Bhabinkamtibmas yang belum mendapatkan kendaraan roda – 2 untuk operasionalnya dilapangan.

Sumber : Subbag Humas Polres Muara Enim.

Pengirim : Nazarudin wartawan RM Muara Enim

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Dua SPBU di Batam Tak Beroperasi, Diduga Izinnya Dicabut Pertamina Karena Jual BBM Pakai Jerigen

pimred pimred

Komisi Pemilihan Umum Daerah Oku Timur Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2020

pimred pimred

Proyek Pengaspalan Jalan Parit Tegak Senilai Rp 1,8 Miliar Asal jadi

pimred pimred