NASIONAL PERISTIWA POLITIK

Aksi Massa Demontrasi di Kota Jayapura Bertindak Anarkis

JAYAPURA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Ribuan warga di Kota Jayapura, Papua, kembali menggelar unjuk rasa, menyikapi dugaan tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Kamis (29/8/2019). Namun, sebelum massa melakukan orasi, situasi malah memanas. Massa malah menimbulkan kerusuhan.

Massa membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) dan menjebol Lembaga Pemasyarakatan Abepura. Kemudian, massa merusak pertokoan di Abepura, serta membakar pertokoan di kawasan Entrop, Jayapura, hingga membakar mobil dan perkantoran di Kota Jayapura.Sebagian masyarakat memilih bermalam di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X di kawasan Hamadi, Jayapura. Mereka memilih menginap di Lantamal pascademo berujung rusuh.

Dikutip dari laporan Antara, masyarakat yang memilih bermalam di Lantamal X tersebut berasal dari kawasan sekitar Entrop, Hamadi. Masyarakat yang mengungsi tersebut terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak, sedangkan pria dewasa tetap tinggal untuk menjaga rumah. Unjuk rasa di Jayapura dimulai pada Kamis (29/8/2019) pagi. Unjuk rasa berubah menjadi kerusuhan saat massa mulai bertindak anarkis.

Sekitar pukul 18.00 WIT, massa mulai membubarkan diri setelah dipukul mundur aparat gabungan TNI dan Polri menggunakan gas air mata. Sementara itu, kondisi Kota Jayapura sekitar pukul 18.30 WIT berangsur pulih.  Unjuk rasa tersebut menimbulkan kerusakan material di berbagai tempat dari Sentani, Abepura, Kotaraja, hingga Jayapura

Sumber : Detik.Com

Editor : Mawardi

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Jokowi Minta Bupati Garut Pindahkan RS dari Kawasan Rawan Bencana

Gunawan ramadhan

Ketua Dewan Pers: Dua Kubu Pilpres Klaim Kemenangan, Media Terbelah

pimred pimred

1.136 Warga Pekanbaru Terserang ISPA Akibat Kabut Asap

pimred pimred