HUKUM KORUPSI NASIONAL

KPK Tangkap Bupati Langpung Selatan

JAKARTA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, setelah tertangkap langsung dibawa ke Jakarta guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut, hari ini, 7 Oktober 2019. Diusia yang masih sangat muda ketika itu Agung terpilih sebagai orang nomor satu di kabupaten Lampung Selatan. Namanya popular karena pernah menjabat posisi penting sebelum menjadi bupati.

Pria kelahiran 17 Agustus 1982 ini dilantik sebagai Bupati Lampung Utara periode 2014-2019 saat masih berusia 32 tahun. Putra mantan Bupati Way Kanan, Tamanuri ini kembali memenangkan perebutan kursi Bupati dalam Pilkada 2019 berpasangan dengan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Budi Utomo.

Agung diusung koalisi Partai Nasdem, Gerindra, PAN dan PKS. Berhasil meraih 162.426 suara atau 50,85 persen, Agung dan Budi  mengalahkan dua calon pasangan lainnya.

Sebelum menjabat sebagai bupati, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasdem Lampung Utara (Lampura) itu pernah menjadi Camat Tanjung Senang Kota Bandar Lampung.

Di akhir jabatannya, Agung diringkus KPK bersama tiga orang lainnya, yakni dua orang kepala dinas dan seorang perantara. Agung diduga menerima suap dalam proyek Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan di Kabupaten Lampung Utara.

Status hukumnya akan ditentukan dalam 1 x 24 jam sejak dicokok. KPK akan mengumumkan Bupati Lampung Utara ini, apakah menjadi tersangka, atau hanya saksi.

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara ditangkap KPK pada, 6 Oktober 2019. KPK menyatakan operasi ini terkait dugaan korupsi proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Lampung Utara.

“Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. Untuk pengamanan awal, tim telah menyegel sejumlah benda dan lokasi,” kata Juru bicara KPK Febri Diansyah, lewat keterangan tertulis, Ahad, 6 Oktober 2019.

Dalam operasi senyap ini, KPK menangkap empat orang, di antaranya Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, 2 kepala dinas dan perantara. KPK juga menyita uang yang sedang dihitung jumlahnya.”Diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada kepala daerah setempat,” kata Febri.

akan menerbangkan sejumlah orang yang diduga terlibat dalam kasus ini ke Jakarta, besok. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status perkara ini. Informasi lebih rinci akan disampaikan oleh KPK dalam konferensi pers pada Senin, 7 Oktober 2019.(rm/tmp).

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Mobil Mewah Diduga Milik Bupati Lingga Disegel Mabes Polri

pimred pimred

Oknum Brimob Aiptu AK Tertangkap Bawa Narkoba

rakyatme

Oknum PNS Sekretariat DPRD Karimun di Ciduk Polisi

pimred pimred