HUKUM JABODETABEK NASIONAL

Pemerintah Provinsi DKI Akan Ajukan Gugatan Hukum Perusahaan Penyedia Bus Trans Jakarta

JAKARTA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Pemerintah Provinsi DKI berencana mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan penyedia bus Trans Jakarta dalam pengadaan tahun 2013. Beberapa perusahaan enggan mengembalikan uang muka pengadaan empat paket bus yang sebelumnya digelontorkan Pemprov DKI. Padahal, kontrak pengadaan tersebut sudah diputus pada 2017.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, sebagaimana dilansir CNN Indonesia mengatakan jumlah uang muka yang masih belum kembali yaitu Rp110,2 miliar. Surat permohonan membawa kasus penagihan ini ke meja hijau pun sudah ia kirimkan ke Biro Hukum Pemprov DKI.

“Beberapa waktu lalu kami sudah membuat surat ke Biro Hukum terkait gugatan ini karena penagihan uang muka tidak bisa terselesaikan. Namun, jadi atau tidaknya hal tersebut masuk ke ranah hukum, kami tetap tunggu rekomendasi Biro Hukum kami,” kata Syafrin kepada wartawan belum lama ini di Jakarta.

Rencana gugatan ini tidak tercetus secara mendadak. Syafrin menjelaskan awal mula penagihan uang muka tersebut. Kasus ini bermula pada 2013, saat lelang untuk 14 paket pengadaan bus dengan anggaran sebesar Rp1,6 triliun. Hanya saja, dalam perjalanannya, lelang itu bermasalah karena peserta lelang melakukan persekongkolan satu sama lain demi memenangkan pengadaan yang dimaksud.

Laporan itu dimuat dalam keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Nomor /KPPU-I/2014, di mana sebanyak 19 pihak divonis melanggar pasal 25 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat karena melakukan pengaturan lelang secara vertikal dan horizontal.

Bahkan, kasus tersebut sempat dibawa ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena lelang itu disebut merugikan negara hampir setengah triliun. Walhasil, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kemudian memberikan dua rekomendasi kepada Pemprov DKI melalui Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tertanggal 29 Mei 2017.(rm/red)

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Ribuan Buruh Turun ke Jalan Peringati Hari Buruh Internasional

pimred pimred

Kejaksaan Negeri Selat Panjang Musnahkan Narkoba

Gunawan ramadhan

Gembong Teroris Santoso Tewas Ditembak Satgas Tinombala di Poso

Trianto