HUKUM NASIONAL POLITIK

Prabowo-Sandiaga Ajukan Gugatan ke MK

JAKARTA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jum’at (25/5/2019) akan mengajukan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sandiaga pun sudah tampak merapat ke kediaman sang capres.

Pantauan wartawan, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sandiaga tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (24/5/2019). Sandiaga tampak mengenakan baju koko berwarna putih.Saat tiba, awalnya Sandiaga tak memberikan komentar apa pun. Eks Wagub DKI Jakarta itu langsung memasuki kediaman Prabowo.

Namun, tak lama setelah masuk ke ruangan, calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menyebut, pasangannya Prabowo Subianto, telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Menurut Sandiaga, Prabowo menjelaskan langkah hukum pascapenetapan hasil pilpres oleh KPU.

“Tentunya itu adalah bagian dari komunikasi politik. Pak Prabowo menyampaikan bahwa ini langkah yang akan ditempuh sesuai dengan undang-undang, koridor, sesuai dengan tahapan konstitusi,” kata Sandiaga kepada wartawan di Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Kepada JK, Prabowo juga menyebut langkah-langkah yang akan di tempuh oleh Koalisi Indonesia Adil dan Makmur adalah cara damai.”Dan Pak Prabowo juga menyampaikan, yang tentunya terus disampaikan kepada masyarakat, bahwa langkah-langkah ke depan itu harus selalu dalam koridor tenteram, aman, damai,” kata Sandiaga.

Kabar soal pertemuan JK dan Prabowo itu sebelumnya dikonfirmasi anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Maher Algadri. Ia mengatakan pertemuan digelar pada Kamis (23/5) sore.

“Benar (ada Prabowo bertemu JK), ya biasa komunikasi, tukar pikiran,” ujar Maher kepada wartawan, Jumat (24/5).”Kan semua orang dalam keadaan kayak begini risau. telepon menelpon terjadi antara banyak orang. Ada yang menelepon Prabowo, yang di pemerintah ada, yang bukan pemerintah ada, yang pensiun ada. Biasa saja itu komunikasi politik itu biasa,” sambungnya.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno meminta pendukung sabar menanti masuknya gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pihaknya telah menyiapkan dokumen-dokumen untuk mengajukan gugatan itu.

“Pagi ini kami telah menyiapkan beberapa dokumentasi yang rencananya menjadi bagian daripada kesiapan proses untuk memasukkan gugatan sengketa pilpres dan upaya-upaya hukum yang tentunya dalam langkah-langkah kita mengupayakan proses-proses,” ucap Sandiaga kepada wartawan di Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Rencananya, gugatan itu akan dimasukkan oleh Koalisi Indonesia Adil dan Makmur pukul 14.00 WIB ke MK. Sandi berharap masyarakat sabar dan tidak melakukan tindakan melawan hukum saat menunggu gugatan MK.”Juga mengimbau masyarakat untuk sabar menanti proses masuknya gugatan ini di MK,” ucap Sandiaga.

Dengan gugatan ini, kubu Prabowo Sandiaga berharap agar kecurangan-kecurangan saat pilpres bisa terbukti di persidangan.”Dan tentunya kita berharap, membuka satu tentunya harapan-harapan masyarakat agar penyimpangan yang ditemui kemarin jadi landasan bukti yang bisa diungkap di persidangan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga belum memastikan akan ikut ke MK atau tidak. Pembahasan masalah gugatan langsung dipimpin oleh Hashim Djojohadikusumo.”Belum dipastikan, karena materinya terus dikebut nanti Pak Hashim yang memberikan keterangan prosesnya gimana, prosesnya, seperti apa rencana kita untuk menggugat, apakah kita harus mendampingi atau tidak,” kata Sandiaga.

Sebagaimana diberitakan, hari ini, Jum’at (24/5/2019) rencananya Prabowo-Sandiaga akan melayangkan gugatan ke MK. Namun, sebelum itu, mereka akan mengumumkan siapa saja kuasa hukum yang akan mewakili mereka nantinya.

Tim kuasa hukum tersebut diketahui dikomandoi Hashim Djojohadikusumo, yang merupakan adik Prabowo. Beberapa nama juga disebutkan telah masuk sebagai kuasa hukum Prabowo-Sandiaga, yakni Denny Indrayana, Rikrik Rizkiyan, Bambang Widjojanto, dan Irman Putra Sidin.

Disebutkan, tim kuasa hukum itu sudah menggelar rapat sejak semalam untuk mempersiapkan gugatan ke MK. Anggota Direktorat Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Habiburokhman, mengatakan secepat-cepatnya mereka akan datang ke MK hari ini pukul 14.00 WIB.”Yang jelas, besok (hari ini) nggak mungkin pagi, paling cepat jam 2 itu, jam 14.00 WIB,” kata Habiburokhman, Kamis (23/5).

Sementara itu, di pihak Mabes Polri menjelaskan, sebanyak 8 kompi aparat (satu kompi terdiri dari 100-120 personel, red) TNI-Polri akan melakukan pengamanan di gedung MK.”Sekarang ini yang ada di kantor MK gabungan TNI-Polri ada 8 kompi,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Kombes Harry baru saja mendampingi Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol.Wahyu Hadiningrat, yang datang mengecek kesiapan pengamanan. Polri ingin menjamin semua siap agar situasi di ibu kota tetap kondusif.”Personel kami dengan TNI dan Polri semua sudah melekat dari kemarin. Hari ini tadi dicek oleh pimpinan, baik kapolda, untuk meyakinkan bahwa kesiapan personel-personel yang ada di kantor MK ini siap untuk melaksanakan antisipasi pengamanan,” jelasnya.

Kombes Harry mengatakan seluruh kesiapan pengamanan sudah terencana dengan baik. Baik terhadap pihak Prabowo-Sandiaga yang akan datang ke MK maupun terhadap massa yang mungkin saja akan menggelar aksi di sekitar gedung MK.

“Terkait aksi kami belum dapatkan laporan ya. kami di sini untuk melaksanakan pengamanan masyarakat atau pun caleg yang dan termasuk juga pilpres yang akan melakukan gugatan ke MK terkait sengketa pilkada atau pilpres,” jelasnya.

“Terkait pengamanan penutupan Jalan Merdeka Barat ini kan sudah beberapa hari yang lalu terkait ada beberapa kegiatan aksi yang dilaksanakan di kantor Bawaslu sampai hati ini kami masih kami tutup kantor di Merdeka Barat,” sambungnya.

Sumber : Detik.Com

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Calon Presiden RI Nomor .02 Prabowo Subianto Ingin Membangkitan Kesejahteraan Rakyat

pimred pimred

Menkumham Buru Aset Bank Century Sampai ke London

rakyatme

Tipu Simpatisannya Rp24 M, Ramadhan Pohan Ditangkap Polda Sumut

Trianto