BATAM NUSANTARA

Tanggapan Imigrasi Belakang Tentang Berita Rakyat Media Terkait Proses Penerbitan Paspor Tri Andriana Bermasalah

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Pemberitaan di ekspos www.rakyatmediapers.co.id, terkait proses pembuatan paspor Tri Andriana yang diduga bermasalah dengan judul “Paspor Bermasalah Tanpa BAP Bisa Buat Paspor Baru” pada tanggal 15 November 2019,  dan “Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang memproses pembuatan paspor sangat gampang, yang penting pemohon bersedia membayar mahal meski paspor pemohon bermasalah”. Dibantah oleh Kepala Kantor Imigrasi Belakang Padang.

Surat Bantahan atau hak jawab Nomor : W.32.IMLIMI.5-HH.02.03-2046 tanggal 22 November 2019 tersebut dikirim ke redaksi media ini. Sesuai pasal 11 kode etik jurnalistik. Sebagai perusahaan pers, redaksi berkewajiban melayani dan memuat hak jawab dan hak koreksi secara professional. Karena hak jawab adalah merupakan hak seseorang atau kelompok memberikan tanggapan atau sanggahan serta memberikan koreksi terhadap kekeliruan informasi yang diberitakan pers.

Tanggapannya sebagai berikut :

  1. Proses pemberian penggantian paspor terhadap a.n. Tri Andriana dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, yaitu pemohon menjalani proses perneriksaan dokumen persyaratan paspor oleh petugas Imigrasi dan diberikan map beserta perdim untuk dilakukan pengisian data identitas diri.

Selanjutnya, pemohon menjalani proses pengambilan biomauik dan wawancara oleh pejabat Imigrasi. Setelah itu, petugas memberikan buKi pengBntar pembayardn melalui bank yang tertera dengan nominal sebesar Rp.350.000, sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI NO. 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP.

Dalam prosedur pembuatan paspor yang dijalani tersebut, tidak ditemukan adanya indikasi paspor bermasalah yang dalam penerblbn penggantiannya memerlukan proses BAP.

  1. Setelah semua proses pengurusan permohonan paspor dijalankan dan dilakukan pembayaran PNBP oleh Ybs, maka dapat diterbitkanlah Paspor a.n. Tri Andriana dengEn No Paspor C4938763 di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang.

Tldak adanya jabatan Kepala Seksi TU dan juga pegawai dengan nama Dadang seperti yang diberitakan. Termasuk sudah dipastikan tidak terdapat pegawai yang menerima uang dari pemohon a.n. Tri Andriana. Demikian tanggapan, hak jawab dan koreksi berita ini kami sampaikan. Surat tersebut ditanda tangani Kepala Kantor Imigrasi Belakqang Padang Muhammad Fahrurozi dan ditembuskan : 1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manuasi RI dan Divisi Keimigrasian Kanwil Hukum dan HAM Kepri.***

Redaksi

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

PLN Batam Rugi Tiap Bulan Rp 7,4 Miliar Diduga Marak Pencurian Listrik di Batam

Gunawan ramadhan

Kejari Diminta Usut Kasus Dugaan Kebocoran Retribusi Parkir

eko man

Pelaksanaan Proyek Dinas Perkim Kota Batam Tahun 2017 “Tender Sarat KKN, Kerjaan Asal Jadi “

pimred pimred