Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan Batam Dendi Gustinandar
BATAM KEPRI UMUM

Dendi Guastinandar : Kepala BP Batam Tidak Minta Perusahaan Menghentikan Kegiatan Operasional Terkait Pencegahan COVID-19

BATAM, RAAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Terkait dengan adanya pemberitaan di beberapa media tentang perusahaan, khususnya PMA, untuk berhenti beroperasi sementara dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan Batam Dendi Gustinandar.

Lebih lanjut Dendi Gustinandar, mengatakan sejauh ini Kepala Badan Pengushaan Batam/Walikota Batam Muhammad Rudi, tidak meminta kepada perusahaan-perusahaan di Batam untuk menghentikan kegiatan operasionalnya pada saat ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

Dendi Gustinandar menjelaskan, Kepala BP Batam/Walikota Batam sangat mengerti dan mendukung semua jenis usaha untuk tetap beraktivitas dan berproduksi walaupun dalam keadaan pandemi COVID-19. Namun kata Dendi, Kepala BP Batam/Walikota Batam minta kepada seluruh Pimpinan Perusahaan untuk tetap berpedoman pada Surat Himbauan Walikota Batam Nomor 263 tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus atau COVID-19.

Dalam hal ini, lanjut Dendi, setiap pimpinan perusahaan diminta untuk melakukan antisipasi penyebaran COVID-19 di ruang lingkup kerjanya dan kepada pekerjanya dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan, seperti perilaku hidup bersih dan sehat bagi seluruh karyawannya antara lain dengan cara:

  1. melakukan pengecekan suhu tubuh kepada setiap karyawan saat datang dan pulang kerja;
  2. sering mencuci tangan dengan pakai sabun;
  3. menyediakan hand sanitizer di lingkungan perusahaan;
  4. menyediakan masker untuk setiap orang karyawan;
  5. menyediakan durasi waktu yang cukup saat kepulangan dan kedatangan karyawan shift yang berbeda, sehingga tidak terjadi pertemuan atau penumpukan karyawan yang berbeda shift tersebut;
  6. mengatur jumlah dan posisi karyawan pada waktu istirahat makan, serta tidak saling berhadapan saat sedang makan;
  7. menghimbau pekerja untuk kembali setelah melakukan pekerjaan dan menghindari tempat-tempat keramaian.

Selain itu semua Pimpinan Perusahaan juga diminta membuat rencana kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemik COVID-19 dengan tujuan memperkecil risiko penularan di tempat kerja dan menjaga kelangsungan usaha.

Perusahaan juga harus menyampaikan bagi pekerja yang mengalami gejala batuk/pilek, sakit tenggorokan, demam dan gangguan pernapasan agar segera memeriksakan diri kepada dokter Puskesmas, klinik maupun rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah.

Sumber : Rilis Biro Humas BP Batam

Editor : Renhar

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Tim TP4D Kejaksaan Negeri Batam Mandul : Proyek Dinas Bina Marga Asal Jadi dan Tak Selesai

pimred pimred

Jabatan Amjon Dicopot, Sekda Kepri Tunjuk Dua Plt Kadis Untuk Mengisi Kekosongan

pimred pimred

Wabup Said Hasyim : Mita Anak Paskibra Semangat Dan Tunjukkan Prestasi

Gunawan ramadhan