BATAM HUKUM KEPRI

Sebanyak 931 Napi Lapas Batam Terima Resmisi HUT Kemerdekaan RI ke-74

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sebanyak 931 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Batam menerima remisi umum dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Tujuh orang diantaranya langsung bebas sebab masa pidana berakhir setelah dikurangi remisi yang diterima.

Kalapas Kelas IIA Batam, Surianto, mengatakan, sebenarnya ada 13 orang warga binaan yang bisa langsung bebas setelah menerima remisi tersebut.

Hanya saja enam orang lainnya masih terhalang dengan denda subsidier. Mereka harus membayar denda atau menjalani kurungan tambahan untuk menebus denda subsidier mulai dari tiga bulan keatas.“Untuk kurungan tambahan ini tidak sampai tahunan, mulai tiga bulan dan seterusnya tergantung dari denda subsider yang diterima,” tuturnya.

Usulan remisi umum ini sudah diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kepri sejak dua pekan yang lalu. Usulan ini semuanya diterima dan akan dibacakan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, usai melaksanakan apel HUT Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019).

Perincian mereka yang terima remisi ini diantaranya, 13 orang remisi umun II (langsung bebas) dan 918 orang remisi umum I atau hanya mendapat pengurangan masa pidana.“Insyallah SK remisi akan dibacakan pak wali usai upacara 17 Agustus nanti,” kata Surianto.

Warga binaan yang menerima remisi umum lanjutnya, telah memenuhi persyaratan remisi. Di antaranya berkelakuan baik dan telah menjalani sepertiga masa pidana.“Paling banyak kasus pidana umum, ada juga kasus narkoba. Semua berhak dapat remisi asalkan memenuhi persyaratan yang ada,” kata Surianto.

Remisi umum dalah rangka HUT Kemerdekaan RI ini merupakan hak dari warga binaan sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.“Ini juga sebagai motifasi bagi warga binaan secara umum untuk berbenah dan berkelakuan baik selama dipidana,” jelasnya.

“Kalau berkelakuan tak baik tentu tak diusulkan remisi. Merela harus berlomba-lomba untuk berbuat baik,” tutur Surianto.(rm/fer)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Calo Tiket Berkeliaran di Bandara Hang Nadim Batam

Gunawan ramadhan

Nasruni : Boleh Kritik Tapi Sifatnya Membangun

Riski perdana

Kementerian Dalam Negeri Batalkan 25 Perda di Kepri

Gunawan ramadhan