BATAM BISNIS KEPRI

BC Tangkap KM Mawar Seludupkan 1,65 Juta Rokok Ilegal

BATUAMPAR, RAKYAT MEDIA-Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) bersama Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM) menggelar Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima) ke-25.Dalam kegiatan ini, mereka mengamankan Kapal KM Mawar dan KLM Bahtera Bahari.

Saat mengamankan Kapal KM Mawar, Petugas menemukan ribuan batang rokok.

“Kapal itu tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan dan cukai. Rokok tersebut berjumlah 1.650.000 batang. Mereka berangkat dari Jurong Port Singapura yang berlayar menuju sekitar Perairan Nongsa, Batam,” sebutnya.

 

Saat ditangkap oleh petugas patroli, kapal tersebut sedang melakukan kegiatan ship to ship (STS) rokok ke high speed craft (HSC). Nilai barang ilegal ini diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. Hingga saat ini, kawasan Selat Malaka ini diketahui merupakan salah satu jalur perdagangan tersibuk di dunia, potensi pelanggaran di wilayah tersebut kerap terjadi, sehingga dibutuhkan extra effort dalam mencegah kemungkinan terjadinya tindakan penyelundupan di wilayah tersebut.

 

“Ini merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia dan sebagai salah satu program peningkatan pengawasan yang merupakan bagian dari Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai,” sebut Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi di Batam, Kamis (8/8/2019) siang. Pelaksanaan operasi kali ini juga merupakan hasil dari evaluasi pelaksanaan Patkor Kastima sebelumnya. Tahun lalu yang menghasilkan efek positif, tidak hanya dari segi jumlah dan jenis tangkapan, namun juga meningkatkan kerjasama instansi kepabeanan kedua negara.(rm/trb)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Mengungkap Korupsi Rp 4,9 Miliar di Pemkab Lingga

Riski perdana

Barisan Relawan Kerabat Prabowo-Sandi (KAPAS) Terbentuk di Batam

pimred pimred

Tahun 2016, 418 WNI Ditolak Imigrasi Buat Paspor

rakyatme