JAKARTA SELATAN NASIONAL TOKOH

Pengamat Ahmed Rumalutur Menyebut Perpindahan Ibu Kota Hambat Kebebasan Pers

JAKARTA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Presiden Joko Widodo resmi menetapkan pemindahan ibu kota negara ke Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (26/08/2019). Hingga kini polemik pro – kontra terkait keputusan presiden ini pun masih terus berlanjut.

Sebagaimana diberitakan media, alasan pemerintah memindahkan ibu kota ini lantaran Jakarta sudah tidak mampu menanggung beban baik itu dari segi ekonomi, lingkungan maupun pembangunan infrastruktur.

Menanggapi polemik tersebut, pengamat politik dari Menara Consulting Network, Ahmed Rumalutur mengatakan pemerintah tampaknya tidak melihat adanya elemen demokrasi sebagi satu pertimbangan serius.

“Elemen demokrasi saya kira luput ya, pasalnya pemindahan ibu kota tentu saja mempengaruhi kerja-kerja jurnalistik sebagai salah satu pilar penting dalam demokrasi kita,” kata Ahmed (30/8/2019) di Jakarta.

Ia menambahkan, selain itu, peran lembaga politik misalnya LSM juga makin sulit memantau kerja-kerja birokrasi di level pusat. Pemantuan memang dapat dilakukan namun memerlukan cost yang lebih tinggi mengingat lokasi yang jauh dari Jakarta.

”Coba Anda pikir seorang jurnalis akan mengeluarkan cost yang lebih tinggi untuk melakukan sebuah investigasi, selain jurnalis, peneliti dan aktivis sosial juga akan mengalami hal serupa,” tambah Ahmed.

Sementara di sisi lain, Institute fo Development of Economics and Finance (INDEF) juga mengeluarkan hasil kajian ilmiah bahwa keputusan pemindahan ibu kota tak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Jadi saya kira pemerintah terburu-buru mengambil kesimpulan dan mengesampingkan aspek demokrasi dan ekonomi,” tutupnya.

Sumber : Menara Digital network

Editor : Mawardi

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Tersangka Teroris Lampung Berencana Ledakkan Bom di Bali

rakyatme

Bupati Kukuhkan 30 Paskibraka Kabupaten Kepulauan Meranti 2016

Trianto

Walikota Batam Jadi Inspektur Upaca HUT Kemerdekaan RI di Engku Putri Batam Centre

pimred pimred