BATAM KEPRI TOKOH

Walikota Batam Jadi Inspektur Upaca HUT Kemerdekaan RI di Engku Putri Batam Centre

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Acara perayaan kemerdekaan RI ke-74 tahun sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyiapkan berbagai acara untuk menyambut hari bersejarah tersebut. Rangkaian kegiatan HUT RI ke-74 tahun yang digelar tahun ini adalah lomba gerak jalan 5 Km, 8 Km dan 17 Km, Sabtu (3/8/2019).

Pengukuhan anggota Paskibraka Rabu (14/8/2019), pawai obor/Taptu dan renungan suci, Jumat (16/8/2019), upacara peringatan detik-detik proklamasi, pemberian remisi dan upacara penurunan bendera, Sabtu (17/8) serta upacara hari Pramuka, Minggu (18/7/2019).

Untuk pelaksanaan pawai obor menurutnya mengambil tempat di Hotel Pacific dan renungan suci di  Taman Makam Pahlawan Batu Aji. Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera akan digelar di Dataran Engku Putri. Adapun tema HUT RI ke-74 tahun “SDM Unggul Indonesia Maju”. Momen peringatan HUT RI ke-74 tahun ini diharapkan dapat merekatkan seluruh komponen masyarakat Kota Batam.

“Sesuai arahan Walikota agar seluruh unsur masyarakat di Kota Batam mulai dari militer, sipil, organisasi masyarakat serta pelajar terlibat untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Yusfa Hendri usai memimpin rapat persiapan HUT RI di Lantai IV Kantor Walikota Batam, Selasa (29/7/2019).

Pada saat penurunan bendera juga akan ada atraksi kebudayaan nusantara yang melibatkan paguyuban yang ada di Kota Batam. Drumband Bahana Barelang juga akan tampil. Untuk pawai pembangunan dan budaya menurutnya akan dilaksanakan, Minggu (18/8) di Dataran Madani/depan Edukits Batamcentre. Pawai pembangunan dan budaya ini akan menampilkan kendaraan hias yang melibatkan instansi publik, instansi pusat dan jajaran FKPD Kota Batam. Kendaraan hias yang akan ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan yang dicapai. Pawai budaya diikuti oleh OPD beserta seluruh paguyuban yang ada di Kota Batam.

“Pawai budaya ini sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya masing-masing dan juga menjadi ajang promosi keanekaragaman budaya yang ada di Kota Batam. Pawai pembangunan dan budaya ini juga bisa menjadi tontonan bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam,” jelas mantan Kadishub Kota Batam ini.

Tahun ini Pemko Batam juga menggelar lomba gapura dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan di lingkungan masyarakat. Yusfa mengimbau agar masyarakat berperan serta mengikuti lomba gapura dengan menghias gapura dengan pernak pernik bertemakan kemerdekaan. Lomba gapura tingkat Kota Bata mini menurutnya akan memperebutkan tropy dan uang pembinaan.

“Kita juga mengimbau intansi vertikal maupun perusahaan untuk memasang umbul-umbul dan bendera untuk menyemarakkan hari kemerdekaan,” tuturnya.

Di tingkat kecamatan pun telah disiapkan event dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan seperti lomba perahu layar, lomba sampan layar, fun bike, jalan santai, pesta anak kampung, pesta rakyat jaranan kuda lumping, smilling morning dan pesta anak pantai.(rm/red)

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

600 Jatah Kursi Naik KM Kelud Mudik Gratis Bersama PT Pos Habis

pimred pimred

Kejari Batam Jebloskan Bos BCC Hotel Ke Tahanan

Gunawan ramadhan

Gubernur Kepri Melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Anambas

Gunawan ramadhan