JAKARTA PUSAT NASIONAL TOKOH UMUM

Provinsi Papua Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2020

JAKARTA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) beren­cana menjadikan Papua seba­gai tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, dengan berbagai agenda yang sedang dipersiapkan. Pe­milihan Papua sebagai tuan ru­mah HPN 2020 merupakan ini­siatif PWI untuk menunjukkan kepada dunia mengenai reali­tas yang terjadi di wilayah itu.

“Setiap tahun kan ada HPN. Kali ini kami merencanakan di Jayapura, Papua,” kata Ke­tua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, seusai beraudiensi de­ngan Menteri Koordinator Bi­dang Politik, Hukum, dan Ke­amanan, Wiranto, di Jakarta, Senin (5/8).

Atal didampingi jajaran Pe­ngurus PWI Pusat, di antaranya Mirza Zulhadi (Sekjen), Suprap­to (Wakil Sekjen), kemudian Pe­ter F Gontha dan Asro Kamal Rokan sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI. Jajaran PWI telah menyampaikan rencana penyelenggaraan peringatan HPN 2020 di Papua kepada Wiranto, dan disambut baik.

Melalui event pers nasional itu, PWI ingin menunjukkan bahwa Papua tidak seperti yang digambarkan selama ini. Papua sudah sedemikian terbuka sebagaimana daer­ah-daerah lain yang ada di In­donesia, termasuk juga dengan akses transportasinya.

“Saya sudah puluhan kali (ke Papua). Jayapura itu sudah puluhan kali saya balik toh. Ke­mudian saya ke Timika, Fakfak, Manokwari, kemudian saya juga sampai ke kabupat­en, sama saja,” kata Atal.

Atal me­ngatakan selama ini digambar­kan seo­lah-olah di Papua ti­dak ada ke­bebasan, demokrasi, dan sebagainya, padahal kenyataannya tidak demikian. “Lihatlah Papua seperti apa. Sebenarnya kan enggak ada apa-apa. Apa pun dilakukan sama saja dengan wilayah di sini,” katanya.

 Akan tetapi, kata dia, ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan pencitraan buruk di Papua melalui lobi-lobi internasional untuk ke­untungan diri sendiri, dan negara Indonesia sangat dirugikan.

Menurut Atal, PWI akan mengundang wartawan di kawasan Asia Pasifik pada peringatan Hari Pers Nasional 2020 untuk memotret realitas yang sebe­narnya terjadi di Papua. “Kami juga berpikir untuk mengundang wartawan-wartawan Asia Pasifik untuk melihat kita, termasuk melihat Indonesia,” katanya.

Peringatan HPN yang ber­langsung pada Februari 2020 menjadi media silaturahmi yang bagus dengan kalangan pers di Asia Pasifik. Atal me­ngatakan perlunya pers luar memotret realitas yang terjadi di Papua untuk memberikan gambaran yang sebenarnya ke­pada masyarakat dunia.

Zulhadi mengatakan ta­gline yang diangkat pada HPN 2020 adalah “Kita Mau Pap­ua”. Selama ini yang dijual kan image bahwa Papua kurang baik, segala macam. Dengan HPN ini, PWI ingin menunjukkan bahwa realitasnya Papua tidak seperti itu. Melalui HPN 2020, masya­rakat bisa melihat Papua secara apa adanya.(rm/red)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Bea Cukai Batam Akomudir Wartawan Abal-Abal Liput Kunjungan Menteri

pimred pimred

Ditjen Imigrasi Ciduk 76 PSK Asing Asal RRT

rakyatme

Bupati Siak Syamsuar Sambut Kedatangan Menteri Lingkungan Hidup

Gunawan ramadhan