BATAM KEPRI PENDIDIKAN TOKOH

Bunda PAUD Kota Batam Kunjungi Sekolah Bukit Timur

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Bunda PAUD Kota Batam, Hj. Marlina Agustina Rudi mengunjungi Sekolah Kuntum Batam Little Angel yang berada di RT 05 Bukit Timur, Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis 15/08/2019.. Selama dua setengah jam Bu Marlin, demikian pangilan akrabnya berada di tengah anak-anak dan para orangtua mereka di sekolah tersebut.

Kepala TK Kuntum Batam Little Angel Bukit Timur  ( KBLA), Ibu Eugnia Yohana Muda, S.Pd. dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih dan  kegembiraan anak-anak serta warga sekolah atas kunjungan ini. Ibu Nia, demikian biasa dipanggil menceritrakan sejarah berdirinya sekolah ini sejak tahun 2010 dan sekarang telah meluluskan delapan angkatan. Pada tahun-tahun awal sampai dengan 2017 keberadaan sekolah ini direspon positip oleh warga dengan menyekolahkan anak-anaknya, bahkan pernah mencapai jumlah 80 (delapan puluh) lebih anak. Namun seiring kegiatan penggusuran tahun 2017 dan masih terngiang isu penggusuran, jumlah anak-anak

yang sekolah di sini semakin sedikit, seperti sampai tahun ini hanya ada 42 anak. Meskipun demikian tim guru yang terdiri dari empat orang tetap semangat dan gembira mendampingi para murid untuk berkembang. Anak-anak di sini berasal dari warga sekitar ruli Bukit Timur ini dan pasar Jodoh yang pada umumnya orangtua mereka berasal dari Flores, Batak, Padang, Palembang, dan Jawa. Pekerjaan orangtua mereka bervariasi seperti Security, Buruh Bangunan, dan pemulung.

Ibu Nia juga menyampaikan bahwa sekolah KBLA ini didirikan atas kerjasama Yayasan Dunia Viva Wanita yang dipimpin oleh Ibu Rahayu Gabrielle dengan Yayasan Lintas Nusa yang dipimpin oleh Bpk. Pieter P Pureklolong. Kedua pimpinan ini tampak hadir dalam menerima kunjungan Bunda PAUD ini.

Bunda PAUD Kota Batam yang pada November 2017 telah menerima Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini terlihat sangat riang bermain dengan anak-anak di KBLA. Bunda PAUD juga memimpin permainan dan nyanyian Gernas Baku (Gerakan Nasional Baca Buku), berdialog, memberi motivasi kepada anak-anak dan orangtua mereka untuk mencintai buku dan gemar membaca buku dalam memperluas pengetahuan dan wawasan. Bunda PAUD sampai bermain dengan mata tertutup bersama anak-anak. KunjunganBunda PAUD  ini diikuti juga oleh rombongan yang cukup besar yakni tim dari Dinas Pendidikan Kota Batam, terlihat Bpk. Rionando yang membantu Bunda PAUD memimpin Gernas Baku, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), terlihat Ibu Umi, Kadisnya, tim dari Kecamatan Lubuk Baja dan Kelurahan Tanjung Uma dengan Lurahnya Raja Iwan..

Bunda PAUD juga sempat menceritrakan bahwa sebelum mengunjungi Sekolah KBLA Bukit Timur ini, beliau telah bertemu dan berbincang dengan anak-anak dari KBLA Kampung Air pada saat acara peringatan Hari Anak Nasional di Aula hotel PIH Batam Center beberapa minggu lalu. Pihak Yayasan telah mengundang beliau untuk berkenan mengunjungi salah satu sekolah mereka, dan beliau sebagai Bunda PAUD dengan senang hati datang pada hari ini Kamis, 15 Agustus 2019. Kunjungan ini membuat bangga para orangtua dan memberi kegembiraan dan motivasi tersendiri, sebagaimana diungkapkan Bpk. Hendrik Hading sebagai Ketua

gemar membaca buku dalam memperluas pengetahuan dan wawasan. Bunda PAUD sampai bermain dengan mata tertutup bersama anak-anak. KunjunganBunda PAUD  ini diikuti juga oleh rombongan yang cukup besar yakni tim dari Dinas Pendidikan Kota Batam, terlihat Bpk. Rionando yang membantu Bunda PAUD memimpin Gernas Baku, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), terlihat Ibu Umi, Kadisnya, tim dari Kecamatan Lubuk Baja dan Kelurahan Tanjung Uma dengan Lurahnya Raja Iwan..

Bunda PAUD juga sempat menceritrakan bahwa sebelum mengunjungi Sekolah KBLA Bukit Timur ini, beliau telah bertemu dan berbincang dengan anak-anak dari KBLA Kampung Air pada saat acara peringatan Hari Anak Nasional di Aula hotel PIH Batam Center beberapa minggu lalu. Pihak Yayasan telah mengundang beliau untuk berkenan mengunjungi salah satu sekolah mereka, dan beliau sebagai Bunda PAUD dengan senang hati datang pada hari ini Kamis, 15 Agustus 2019. Kunjungan ini membuat bangga para orangtua dan memberi kegembiraan dan motivasi tersendiri, sebagaimana diungkapkan Bpk. Hendrik Hading sebagai Ketua RT 05 Bukit Timur, Tanjung Uma, dan Bpk. Amir Toda yang

anaknya bersekolah di KBLA Bukit Timur ini. Bunda PAUD sebelum meninggalkan sekolah ini, beliau sempat memberikan bingkisan berupa buku-buku dan mainan kepada setiap anak di Kuntum Batam Little Angel Bukit Timur.

Selain Sekolah Kuntum Batam Little Angel (KBLA) Bukit Timur, Yayasan masih memiliki  empat sekolah lagi yang terkonsentrasi di wilayah-wilayah marjinal yakni KBLA di Ruli (rumah liar) Kampung Air, Kelurahan Baloi Permai, KBLA di ruli Kampung Baru, Kelurahan Sungai Panas, KBLA Teluk Lengung di daerah pinggir laut Keluharan Punggur, dan KBLA Punggur di wilayah pembuangan sampah (TPA) Punggur.

Internusa sempat mewawancarai Ibu Rahayu Gabrielle, Ketua Yayasan Dunia Viva Wanita, dan dari beliau didapat keterangan bahwa kedua yayasan memang bahu membahu dan bermitra dengan baik sejak tahun 2007 sampai saat ini tanpa bersaing, namun bekerja sama demi perkembangan anak-anak marjinal. Wilayah marjinal dipilih karena kedua yayasan memiliki visi yang sama dalam mewujudkan akses akan pendidikan bagi semua anak-anak sejauh kedua yayasan dapat melakukannya. Kunjungan ini, lanjut Rahayu merupakan

apresiasi dari pemerintah kota terhadap usaha-usaha masyarakat dalam membantu pemerintah untuk memberikan akses pendidikan yang layak bagi anak-anak terutama dari wilayah marjinal. Pieter P Pureklokong, Ketua Yayasan Lintas Nusa menimpali bahwa di kelima sekolah ini justru dimulai dengan rumah baca, kemudian berkembang  menjadi sekolah tingkat TK/PAUD karena kebutuhan. Rumah Baca membantu murid-murid untuk memperluas ilmu, dan buku sebagai teman bermain. Kelima tempat ini lebih sering disebut sebagai Taman Komunikasi dan Pendidikan Anak. Dengan adanya rumah baca dan sekolah-sekolah ini Kementrian Pendidikan Kebudayaan  dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada kedua Lembaga melalui Bpk. Pieter P Pureklolong sebagai slah satu Sosok Peduli PAUD 2017, yang diterima dari tangan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada November 2017 di Jakarta bersamaan dengan penghargaan kepada Bunda PAUD Kota Batam, Ibu Hj. Marlina Agustina Rudi.

Penulis : Pieter

Editor  : Mawardi

 

 

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Parkiran Hotel Aston Luput Dari Pembongkaran Walikota Batam Terkesan Tembang Pilih. Ada Apa?

Riski perdana

Tanggapan Imigrasi Belakang Tentang Berita Rakyat Media Terkait Proses Penerbitan Paspor Tri Andriana Bermasalah

pimred pimred

Wakil Bupati Meranti Ikuti Llatihan Pimpinan di Kemdagri

Gunawan ramadhan