BENGKALIS PENDIDIKAN RIAU

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura SPd MPd : Pendidikan Karakter Untuk Aktualisasi Siswa Meningkatkan Iman dan Taqwa

BENGKALIS, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis mengeluarkan surat edaran kepada setiap sekolah untuk menerapkan Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai upaya peningkatan iman dan ketakwaan siswa selama bulan Ramadhan.

“Pendidikan karakter sendiri merupakan strategi dan metode untuk membumikannya, dengan setidaknya melalui tiga hal, peneladanan (modelling), peniruan (imitation) dan pembiasaan (conditioning). Dhus, pendidikan karakter bukanlah pengajaran yang terpenting. Karena pengajaran ini seringkali melupakan pembiasaan dan pembudayaan. Dimana dua unsur ini merupakan hal terpenting dalam membumikan perilaku, sikap dan karakter yang positif,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura.

Sedangkan nilai-nilai Ramadhan, lanjut Edi, yang diyakini sebagai landasan pendidikan karakter adalah kejujuran, disiplin, kesabaran, amanah, silaturahmi dan kesungguhan dalam beraktivitas, berempati, pengendalian diri dan solidaritas sosial.

“Misalnya, nilai solidaritas sosial dalam berpuasa dipraktikkan secara nyata dengan berlapar-lapar saat puasa, hingga menumbuhkan empati dan solidaritas kita terhadap kaum miskin serta tak mampu, semakin berkembang dengan kuat.Untuk meningkatkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di satuan pendidikan, diharapkan kepada kepala satuan pendidikan bersama para guru untuk merancang dan melaksanakan program Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK),” kata Edi Sakura MPd kepada media beberapa hari yang lalu.

Menurutnya, program aksi peningkatan iman dan ketakwaan dijadwalkan minimal tiga hari, dengan sasaran siswa berdasarkan agama yang dianut atau diajarkan di sekolah.
“Program aksi ini dirancang agar aktualisasi diri siswa dalam meningkatkan iman dan ketakwaan berjalan optimal serta tetap memelihara nilai-nilai toleransi antar umat beragama,” tuturnya.

Adapun isi-isi kegiatan yang dimaksud, jelas Edi, antara lain, pertama, untuk agama Islam, diisi dengan kegiatan praktik Qamat dan Adzan, berwudhu, tata cara dan bacaan sholat, hapalan surah pendek dan mengarang, atau mading dengan tema toleransi.
“Jika dimungkinkan pada penghujung kegiatan ini dapat diadakan lomba antar sekolah dan gugus,” sarannya.

Kedua, untuk agama Katolik dan Kristen, diisi dengan kegiatan praktik baca Al Kitab (Lektor), LCT Kitab Suci, mewarnai dan mengarang, atau mading dengan tema toleransi.
“Sedangkan untuk agama Budha, diisi dengan kegiatan praktik baca Kitab Suci, LCT Kitab Suci, mewarnai dan mengarang, atau mading dengan tema toleransi,” tuturnya.

Antara melansir mengenai jadwalnya, kata Edi Sakura, disesuaikan dengan jam pelajaran di sekolah. Diharapkan, katanya, untuk mengisi bulan suci Ramadhan, dapat dilakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.“Sehingga, apa yang dilakukan, dapat membawa berkah bagi siswa. Seperti budi pekerti dia, keimanan dia, dan masih banyak yang lainnya,” tuturnya.

Penulis : Indra wartawan RM Bengkalis

 

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Terhitung 2019, Uji Kompetensi Wartawan Dilakukan Berjenjang

pimred pimred

Sistem Zonasi Dinilai Minim Sosialisasi

pimred pimred

Terkait Gelper Di Bengkalis Kemana Mereka Setor?

pimred pimred