Bupati OKU Timur H. M, Kholid Mawardi.
BENCANA ALAM NUSANTARA SUMATERA SELATAN

Bupati lapor ke Gubernur Terkait Banjir, Zeni Kodam Siap Bangun Kembali Jembatan Pulau Negara

OKU TIMUR, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Bupati OKU Timur H. M, Kholid Mawardi memberikan laporan kepada Gubernur Sumsel Herman Deru terkait kondisi Terkini banjir di Kabupaten OKU Timur saat video comfrance bersama Bupati OKU Selatan Popo Ali dan Gubernur. Minggu. 10 Mei 2020.

Dalam laporannya Bupati mengatakan dampak banjir akibat luapan sungai komering meluas hingga delapan kecamatan dan berdampak kepada 6637 kepala keluarga hingga sore ini dengan ketingian air rata rata 1.6 sampai 1.9 meter. Dalam menangani dampak banjir ini Pemkab OKU Timur telah berupaya melakukan evakuasi warga yg terdampak paling parah.

Selain itu ada enam rumah yg sebagian rumahnya alami terbis karena berada di bibir sungai, satu jembatan amruk di desa pulau negara dan talut di jalan provinsi tepatnya di depan pom bensin tanjung aman sudah alami terbis di takutkan akan mengangu jalan provinsi.

Terkait hal tersebut bupati mengusulkan kepada gubernur untuk segera dilakukan perbaikan jembatan pulau negara dan bronjong atau tarut di tanjung aman.  Dalam kesempatan itu juga bupati mendahulukan memenuhi kebutuhan pangan warga yang terdampak banjir, sehingga dg upaya sendiri pemkab OKU TImur lakukan gerakan aksi sosial opd.

Sementara itu gubernur sumsel Herman Deru mengapresiasi langkah yang telah di ambil Bupati OKU Timur dan OKU Selatan. Gubernur akan membangun jembatan pulau negara yang vital tersebut dengan dana yang di miliki oleh Provinsi namun pengkerjaanya akan di lakukan oleh Zeni Kodam Dua Sriwijaya. Terkait bronjong atau talut akan segera di lakukan perbaikan dan berkordinasi dengan pihak balai besar sungai sumatra delapan.

Dan terkait irigasi Gubernur memerintahkan agar BPBD OKU Timur berkordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Sumatra Delapan agar sebagin air sungai komering di alihkan ke saluran irigasi dan bisa berdampak pada pengurangan volome air.  Gubernur meminta agar sentuh masyarakat dengan memenuhi kebutuhan pangan mereka, siapkan tempat pengunsian namun tetap menjaga jarak sesuai dengan perotokol kesehatan.

Penulis : Yesi wartawati RM Oku Timur

Editor : Renhar

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related posts

Kuli Bangunan Nekat Membunuh Gara-gara Disenggol Korban

pimred pimred

Pembangunan Gedung Serba Guna Desa Bedilan, Oku Timur Senilai Rp 607 Juta Hampir Rampung

pimred pimred

Kapolda Kepri Kunjungi Karimun Dalam Rangka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

pimred pimred