Profil Singkat Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor Plumbon Cirebon

Profil Singkat Pondok Pesantren Assalafiyah  Bode Lor Plumbon Cirebon

Rakyatmediapers.co.id - Pondok pesantren adalah sekolah islam yang biasanya didirikan dan dijalankan oleh seorang kyai atau ulama di Indonesia. 

Pondok pesantren biasanya mengajarkan ilmu-ilmu agama, seperti Al-Qur'an, hadits, fiqh, dan tafsir, serta ilmu-ilmu umum seperti bahasa, sains, matematika, dan sejarah. 

Pesantren juga biasanya mengajarkan ajaran-ajaran keislaman, seperti akhlak, dan tasawuf. Pesantren juga merupakan tempat bagi santri (murid-murid pondok pesantren) untuk tinggal dan belajar bersama selama beberapa tahun.

Sekolah-sekolah islam lainnya yang ada di Indonesia, seperti madrasah dan sekolah islam modern, juga mengajarkan ilmu-ilmu agama dan umum, namun biasanya tidak menyediakan tempat tinggal bagi siswanya.

Sebagaimana yang disebutkan, terlihat bahwa Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor ini menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat prasekolah hingga sekolah menengah atas (SMA). 

Ini merupakan salah satu keunggulan dari pondok pesantren, yaitu menyediakan pendidikan lengkap bagi santrinya. 

Selain itu, juga terdapat kegiatan belajar mengajar di Madrasah Diniyah Alburhany yang diadakan pada malam hari, yang bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki kesibukan pada siang hari.

Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor memiliki santri kurang lebih 500 santriwan dan santriwati ini diasuh oleh KH Muidzuddin Hambali, beliau adalah putra ke 3 dari pendiri pondok pesantren, yang pada tanggal 13 Desember 2022 diadakan haul ke 5 dari wafatnya pendiri pondok pesantren assalafiyah itu.

Santri binaan Nyai HJ Thoyibah (putri kedua pendiri Ponpes) meningkat pesat setiap tahunnya. Dahulu pesantren hanya memiliki santri laki-laki, kini pesantren Assalafiyah memiliki santri perempuan lebih banyak dari pada santri laki-laki.

Pendiri pondok pesantren bernama KH Hambali adalah seorang alim ulama yang istiqomah dalam mendidik santrinya dan ulama cirebon yang disegani.

Nyai Hj Umainah adalah istri dari pendiri pondok pesantren KH Hambali, Nyai Hj Umainah wafat tidak lama berselang sekitar dua tahun setelah wafatnya KH Hambali.

Kini perkembangan Pondok Pesantren Assalafiyah semakin pesat dan pesat, maju dan berkembang, mungkin itu berkat doa para pendirinya.

Artikel ini telah tayang di Indonewstoday.com dengan judul Pondok Pesantren Assalafiyah Bode Lor Plumbon Cirebon.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel