Minyak Kembali Menurun dan Jatuh 10% Pekan Ini


RAKYATMEDIAPERS.CO.ID
– Harga minyak dunia memulai kembali tren penurunan mereka pada Jumat (Sabtu pagi WIB), meskipun data ketenagakerjaan AS menguat dan volatilitas pasar Tiongkok berkurang, karena kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global tetap menjadi fokus.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, turun 11 sen menjadi berakhir di USD33,16 per barel di New York Mercantile Exchange, tingkat terendah sejak Februari 2004.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Februari, patokan minyak mentah Eropa, ditutup pada USD33,55 per barel, turun 20 sen dari penutupan Kamis.

Dalam seminggu untuk pasar, WTI dan Brent keduanya kehilangan sekira 10 persen.

Kontrak acuan masuk ke wilayah positif beberapa kali pada Jumat menyusul stabilisasi di pasar keuangan Tiongkok setelah beberapa hari bergejolak, dan laporan pertumbuhan lapangan pekerjaan secara tak terduga menguat pada Desember di Amerika Serikat, konsumen terbesar minyak mentah.

“Mungkin ada kasus jangka pendek untuk pemulihan teknis harga, tetapi fundamental tetap sangat ‘bearish’ karena sebagian besar baru-baru ini mengonfirmasikan penambahan dalam persediaan minyak bumi secara keseluruhan untuk pekan yang berakhir 1 Januari,” kata Tim Evans dari Citi Futures.

Turbulensi di China (Tiongkok) mengangkat pertanyaan tentang kesehatan ekonomi negara konsumen komoditas-komoditas itu dan kemampuan pemerintah untuk menangani pelambatan.

“Kekhawatiran atas Tiongkok pekan ini telah membuat para investor kembali bertanya-tanya tentang sumber permintaan di masa mendatang untuk komoditas,” kata analis Jasper Lawler di CMC Markets Inggris.

“Dalam semua kemungkinan permintaan tidak akan datang dari mana saja, itu adalah pasokan yang harus turun untuk memenuhi permintaan normal baru yang lebih rendah.” Carl Larry, konsultan minyak dan gas di Frost & Sullivan, melihat kasus untuk pertumbuhan permintaan AS yang lebih besar dalam angka ketenagakerjaan terbaru.

“Sekarang ketika Anda melihat bahwa ekonomi AS menambahkan hampir tiga juta lapangan pekerjaan dalam satu tahun terakhir dan 292.000 pada Desember, sepertinya kita akan melihat pertumbuhan permintaan minyak di tahun baru,” katanya.(rm/ok)

HALAMAN SELANJUTNYA:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel