Home / SUMATERA / Wagub Sumbar Prihatin Kondisi Mentawai Masih Tertinggal
meizu

Wagub Sumbar Prihatin Kondisi Mentawai Masih Tertinggal

PADANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan keprihatinannya atas kondisi Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sampai saat ini masih tertinggal.”Saya beberapa kali ke Mentawai, pernah ke suatu pulau terluar penduduknya sangat miskin dan tidak ada sumber ekonomi,” ucapnya.

hal ini disampaikannya saat tampil sebagai pembicara utama pada Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Sumbar, dengan tema Perkembangan Ekonomi Sumatera Barat terkini digelar oleh Bank Indonesia perwakilan Sumbar.

Menurutnya mata pencaharian penduduk di pulau itu menjadi nelayan dengan mencari ikan.

Tapi ketika dapat ikan ratusan kilo harus dibagi dengan semua orang yang ada di pulau itu karena persaudaraan masyarakat setempat kental sehingga siapa pun menangkap ikan akan dibagi ramai-ramai hasilnya, katanya.”Jadi ikan di sana tidak ada harga dan pendapatan lainnya hanya dari kopra dengan nilai jual hanya Rp4.000 per kilogram, tapi harus dijual ke tempat yang jauh, kondisi ini diperparah oleh tidak ada listrik, ” lanjutnya.

Oleh sebab itu ia berharap kepada perbankan untuk menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Mentawai. Ia menyebutkan di Sumbar masih ada tiga kabupaten yang tertinggal yaitu Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan.”Angka kemiskinan di Mentawai masih 15 persen, tapi pendapatan per kapita Rp42 juta dan penganggur hanya satu persen,” ujarnya.

Ia juga heran pendapatan per kapita tinggi tapi masyarakat masih miskin ternyata menurut statistik punya ilmu sendiri dalam menghitungnya.

Pada sisi lain tingginya pendapatan per kapita di Mentawai dipicu oleh adanya Hak Pengelolaan Hutan dengan luas mencapai 114 ribu hektare. “90 persen hutannya produksi, tapi masyarakatnya masih miskin,” katanya.

Pada sisi lain ia menyampaikan kondisi kesehatan penduduknya juga rendah karena banyak ditemukan stunting.

Wagub juga menawarkan kepada perbankan apa yang bisa dibantu untuk Mentawai apakah penerangan berupa listrik, pendidikan atau kebutuhan lainnya. Para investor, pengusaha, perbankan, BUMN mari bergandeng tangan membangun Mentawai dengan menyelesaikan bersama, kata Wagub mengimbau. (rm/robisam)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Gubernur Sumbar : Masyarakat Sudah Pintar Menilai Calon Kepala Daerah

PADANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menilai masyarakat Sumbar sudah pintar dalam memberikan penilaian terhadap calon …

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, ASN Tidak Masuk Keterlaluan

PADANG, RMNEWS.CO.ID-Dihalaman Kantor Gubernur –  21 Juni 2018 Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bertindak …