Home / KEPRI / ANAMBAS / Koran Rakyat Media Lolos Verifikasi Administrasi dan Faktual di Dewan Pers
meizu

Koran Rakyat Media Lolos Verifikasi Administrasi dan Faktual di Dewan Pers

BATAM, RAKYAT MEDIA-Meski baru berusia 5 tahun, Koran Umum Rakyat Media salah satu media cetak Mingguan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), didukung dengan sejumlah redaktur dan reporter yang memiliki sertifikat kompetensi sehingga mampu menjalankan tugas jurnalistik secara profesional. Dengan berita yang kredibel dan berimbang menjadi kekuatan media ini untuk eksis menyapa pembacanya setiap minggunya.

Kredibilitas Koran Umum Rakyat Media juga telah diakui oleh Dewan Pers, oleh karena itu koran Rakyat Media satu satunya media cetak mingguan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual. Setelah sebelumnya ada 13 media di Kepri yaitu koran harian dan media online yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual oleh Dewan Pers.

Status verifikasi administrasi kora Rakyat Media di Dewan Pers sudah sejak tahun 2015, namun pada Apri 2018 dilakukan verifikasi faktual oleh wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar, saat Koran Rakyat media sedang menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-1, bersamaan dengan acara UKW tersebut wakil ketua Dewan Pers melakukan verifikasi factual dan meninjau langsung ke kantor redaksi koran Rakyat Media di Komplek Dotamana/Grand BSI Batam Centre. Serta mengecek kelengkapan dikumen dan berbagai peralatan kerja redaksi dan wartawan.

Penentuan verifikasi faktual ini oleh Dewan Pers, karena dinilai koran Rakyat Media telah mmemenuhi standar perusahaan pers dan mematuhi program Dewan Pers dimana manajemen perusahaan media ini sudah melaksanakan komitmen menegakkan profesionalisme dan memenuhi syarat dalam bekerja sekaligus memberi perlindungan terhadap wartawannya.

Sebagaimana yang pernah dijelaskan Kepala Bagian Pendataan Dewan Pers Deritawati di berbagai kesempatan mengimbau kepada perusahaan pers untuk melengkapi dokumen-dokumen layaknya suatu perusahaan pers yang diamanahkan sesuai dengan UU Pers. Sehingga pada saat Dewan Pers melakukan verifikasi dalam rangka mendata perusahaan pers nasional, perusahaan tersebut memang layak dinyatakan lulus verifikasi secara administrasi berdasarkan amanah UU Pers serta Piagam Palembang Tahun 2010.

Deritawati juga menjelaskan mengapa begitu pentingnya perusahaan pers diverifikasi. Menurutnya ini adalah cara mengukur perusahaan pers tersebut memenuhi standar yang dibentuk Dewan Pers dan Komunitas Pers Indonesia. Deritawati menerangkan verifikasi tersebut berfungsi sebagai penjamin bahwa perusahaan pers tersebut telah menaati ketentuan dewan pers. Sehingga Dewan Pers dapat melindungi perusahaan pers tersebut sesuai UU No 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Kalau mereka tidak menaati peraturan, Dewan Pers tidak bisa melindungi. Kita harapkan, media yang diverifikasi telah memenuhi unsur-unsur sesuai standar perusahaan pers, standar perlindungan wartawan, mematuhi kode etik jurnalistik dan juga sesuai dengan standar kompetensi wartawan,” jelasnya.

Semua itu menurut Deritawati adalah bagian dari komitmen komunitas pers, agar media di Indonesia bukan perusahaan yang abal-abal. Melainkan media profesional. “Status terverifikasi ini lebih kepada dewan pers memberi infomasi kepada masyarakat, bahwa media ini sudah terverifikasi secara administrasi atau faktual. Status ini kita berharap dapat dipergunakan oleh lembaga, instansi, SKPD, pemerintahan daerah atau provinsi sebagai bahan buat lembaga-lembaga atau instansi tersebut melihat mana yang benar-benar media yang profesional dan juga supaya tidak terjadi malpraktek,” ucapnya.

“Kami melakukan verifikasi faktual terhadap perusahaan pers yang sebelumnya terlebih dahulu telah dinyatakan terverifikasi secara administrasi. Jadi statusnya sudah terverifikasi administrasi. Kemudian kami melakukan verifikasi faktual, mengkonfirmasi data, dokumen yang sudah ada kepada kondisi yang sudah ada di lapangan,” imbuh Deritawati.**

Editor  : Muhammad iksan

 

Check Also

Jabatan Amjon Dicopot, Sekda Kepri Tunjuk Dua Plt Kadis Untuk Mengisi Kekosongan

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, H TS Arif Fadillah akhirnya menunjuk dua Pelaksanaan tugas (Plt) …

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak : Desak KPK Mengusut Dugaan Korupsi Dinas ESDM

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri Jumaga Nadeak. SH, mendesak Komisi Pemberantasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *