Home / EKOBIZ / KEAUANGAN / APBD Kepri 2019 Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur
meizu

APBD Kepri 2019 Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Pemerintah Provinsi Kepri menyatakan   Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepri tahun 2019 tetap memprioritaskan pelayanan dan pembangunan masyarakat yang menunjang perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun pada sambutan penyampaian Nota Keuangan dan Ranperda APBD tahun 2019 Provinsi Kepri di kantor DPRD Kepri Dompak, Kamis (22/11).”Kita tetap memprioritaskan pembangunan peningkatan kualitas SDM dan perekonomian masyarakat serta pembangunan infrastruktur,” kata Nurdin.

Berdasarkan hal tersebut, tentunya menjadi dasar Pemerintah Provinsi Kepri dalam menjalankan setiap program kegiatan pemerintahan di tahun 2019 mendatang. Tak hanya itu, lanjut Nurdin, terdapat lima program prioritas yang menjadi dasar dari pelaksanaan APBD Kepri 2019.”Di antaranya, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pengembangan perekonomian masyarakat serta pengembangan pusat kebudayaan Melayu,” papar Nurdin.

Selain itu terdapat juga program pengembangan infrastruktur wilayah serta pengembangan tata kelola pemerintahan yang akuntabel.”Pada tahun anggaran 2019, APBD Provinsi Kepri direncanakan sebesar Rp3.659.564.170.992,” ujar Nurdin.

Yangmana, lanjut Nurdin, terjadi peningkatan sebesar 13,01 persen atau sebesar Rp421 miliar. Hal itu dikarenakan penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp212 miliar dan insentif daerah Rp53 miliar dan sisanya peningkatan pajak. Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merupakan dasar bagi pengelolaan keuangan daerah.Untuk itu pemerintah perlu menjelaskan dan memberikan rancangan yang akan digunakan bagi pelaksanaan di tahun anggaran tersebut.

Jumaga menyebut, pengelolaan anggaran itu secara umum telah dijabarkan pada penandatanganan nota kesepahaman KUA/PPAs dan telah tergambar secara komperhensif dengan pagu anggaran sebesar Rp3.659 triliun yang mana mengalami peningkatan sebesar 13.01 persen (Rp421 miliar).

“Kita berharap dengan meningkatnya pagu anggaran untuk tahun depan, maka meningkat pula kesejahteraan dan pembangunan bagi masyarakat sebagaimana sesuai denga strategi kebijakan yang telah kita ambil,” kata Jumaga.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kepri, Rizki Fasial, Husnizar Hood, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Perwakilan FKPD, Anggota Dewan berserta tamu undangan lainnya.(rm/hk)

Check Also

Proyek Jalan Dinas PUPR Kepri Diduga Sarat Korupsi : Angggaran Yang Dikucurkan Cukup Besar, Realisasi Pengerjaannya Dinilai Tak Sebanding Dengan Biaya Proyek Yang Dikucurkan

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tak hanya menangkap sejumlah Kepala Daerah dan Kepala Dinas …

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak : Desak KPK Mengusut Dugaan Korupsi Dinas ESDM

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri Jumaga Nadeak. SH, mendesak Komisi Pemberantasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *