Home / KEPRI / Transaksi di Pemko Tanjungpinang Sudah Gunakan Sistem Non Tunai
meizu

Transaksi di Pemko Tanjungpinang Sudah Gunakan Sistem Non Tunai

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono, mengatakan sejak kegiatan berjalan pada tahun 2018 ini, semua transaksi Pemko Tanjungpinang dilakukan melalui non tunai. Pasalnya, memang setiap pemerintah diminta untuk menyegerakan proses transaksi non tunai secepatnya.”Ini arahan dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi.red), dan tahun ini kita sudah hampir total menggunakan transaksi non tunai,” tutur Riono saat diwawancarai, belum lama ini.

Hal utama yang dilakukan menggunakan sistem non tunai adalah saat pembayaran gaji aparatur sipil negara (ASN) setiap bulannya, terhitung sejak Januari. “Bahkan sampai insentif RT dan RW yang dibagikan per 3 bulan yang rutin kita lakukan, sekarang menggunakan sistem non tunai,” kata Riono.

Ia mengatakan, sebelumnya pelaksanaan sistem pembayaran yang dilakukan oleh bendahara dilingkungan Pemko Tanjungpinang umumnya dilakukan secara tunai. Kebijakan itu juga merupakan tindak lanjut arahan dari KPK

Terkait penerapan tersebut, dirinya menilai, disuatu sisi tidak bisa dipungkiri, bahwa dalam pelaksanaannya akan terbilang sulit. Karena menurut dia mencontohkan, ada hal atau masalah yang mendesak tidak bisa menggunakan non tunai. “Namun kita akui, bahwa dengan sistem non tunai ini pekerjaan menjadi mudah dan tidak ada pemborosan,” ujarnya demikian.

Ke depan, semua bantuan hibah, pembiayaan pembangunan atau apapun yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menggunakan sistem pembayaran non tunai. Riono mengaku merasakan efek yang sangat positif dengan diterapkannya sistem pembayaran non tunai ini. Salah satunya tidak ada pemborosan anggaran, Karena semua terpantau. Pekerjaan yang berhubungan dengan pembiayaan pun semakin gampang.
“Pemborosannya adalah pembelian amplop, jadi biasanya bendahara sibuk nyiapin ratusan sampai ribuan amplop untuk bayar gaji pegawai. Sekarang tidak perlu itu lagi, semua langsung ke rekening,” kata Riono. (rm/btn)

Check Also

BP Batam Gelar Event Festival Budaya 2018 Berskala Internasional

BATAM, RAKYAT MEDIA-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 189, Badan Pengusahaan …

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk …