Home / KEPRI / DOMPAK / Sekda Kepri Arif Fadillah Minta Oknum Disdik Kepri ‘Maling’ APBD Rp 780 Juta Proses Hukum
meizu

Sekda Kepri Arif Fadillah Minta Oknum Disdik Kepri ‘Maling’ APBD Rp 780 Juta Proses Hukum

DOMPAK, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS. Arif Fadhillah, menyerahkan sepenuhnya kasus dugaan ‘maling’ dana APBD Kepri 2017 senilai Rp780 juta oleh dua oknum pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) pada proses hukum

Ia menerangkan, untuk sanksi internal sesuai dengan hasil laporan dari Inspektorat, pihaknya telah menginstruksikan Kepala Disdik untuk menegur dan memberikan sanksi kepada oknum tersebut. Bahkan, dirinya mengakui sudah memberikan teguran tertulis terkait masalah itu.

“Kami sudah menyurati secara resmi Disdik untuk masalah itu. Dan memerintahkan Kadisnya untuk memberikan sanksi,” katanya, Sabtu (17/3) kemarin.

Sekda Arif Fadillah menerangkan, ada beberapa item yang disampaikan melalui surat resmi tersebut. Di antaranya, meminta Kepala Disdik untuk menelusuri kasus tersebut. Jika memang bersalah, maka oknum tersebut harus bertanggungjawab dan mengembalikan dana itu ke negara.

Kemudian, menginstruksikan Kepada Disdik untuk memberikan teguran hingga sanksi kepada oknum terkait. “Jika memang salah, oknum itu harus bertanggungjawab,” ungkap Arif.

Sebelumnya, dugaan korupsi dana APBD Kepri senilai Rp780 juta tahun 2017 mulai masuk ranah hukum. Sejumlah oknum pejabat di Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, yang diduga ‘maling APBD’ Provinsi Kepri tersebut mulai dipanggil dan diperiksa Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Asri Agung Putra SH, membenarkan penyelidikan dugaan korupsi di Dinas Pendidikan tersebut dan pemanggilan terhadap pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kepri itu, dilakukan untuk dimintai keterangan atas penggunaan dana APBD 2017 senilai Rp780 juta, yang sebelumnya tidak masuk dalam DIPA Dinas Pendidikan namun dilaksanakan dan dicairkan dari APBD Kepri.

“Yang menangani Pidsus Kejaksaan Negeri Tanjungpinang dan masih dalam pemeriksaan sebagai saksi dan sifatnya masih diklarifikasi,” ujar Asri Agung kepada wartawan, belum lama ini.(rm/btd)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

ATB Nunggak Pajak Air Rp39,9 Miliar, DPRD Kepri Desak Pemrov Tagih Utang PT. ATB

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Polemik masalah tunggakan pajak PT Adya Tirta Batam (ATB) dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau …

Proyek Pengaspalan Jalan Parit Tegak Senilai Rp 1,8 Miliar Asal jadi

KUNDUR, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Minimnya pengawasan Konsultan pengawas dan TP4D,membuat para kontraktor leluasa mengerjakan proyek asal jadi. Hal …