Home / KEPRI / BATAM / Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam
meizu

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk kedua kalinya dilaksanakan selama tiga hari, yakni tanggal 17-19 Desember 2018 di Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre. Sebagai Tim penguji Panitia penyelenggara bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik di Jakarta, salah satu lembaga pers yang didirikan oleh Dewan Pers.

Ketua Panitia pelaksana Mawardi, menjelaksan UKW ini digelar, selain untuk meningkatkan profesionalitas  reporter, wartawan, redaktur di internal Kora Rakyat Media dan Surat Kabar Suara Mandiri Pos. UKW ini juga terbuka untuk wartawan media lain, seperti media online dan media elektronik. Syaratnya media tersebut sudah terferivikasi administrasi di Dewan Pers.” kata Mawardi yang juga sebagai Pemimpin Redaksi koran Rakyat Media.

“Insya Allah pada tanggal 17 dan 19 Desember 2018 ini, kita kembali akan menyelenggarakan UKW untuk kedua kalinya.  Acara tersebut kita adakan di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre selama tiga hari. Hari pertama Pembekalan Jurnalistik dan Lokakarya, hari kedua dan ketiga sudah masuk ke materi Uji Kompetensi Wartawan,” sebut Mawardi di Batam Centre, Kamis (06/12/2018).

Peserta yang ikut UKW kali ini, sebut Mawardi, sebanyak 27 orang, dimana untuk jenjang wartawan Utama sebanyak 14 orang akan dibagi dua kelompok, jenjang wartawan Madya 6 peserta dan jenjang wartawan Muda sebanyak 7 peserta. Untuk jenjang wartawan madya ada beberapa orang yang sudah pernah mengikuti UKW di jenjang wartawan Muda.

Mawardi yang juga merupakan alumni LPDS Jakarta mengatakan, kegiatan UKW yang digelar Koran Rakyat Media merupakan wujud dari komitmen perusahaannya dalam melaksanakan program Dewan Pers tujuannya untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas, serta moralitas wartawan, seiring dengan makin beratnya tugas dan tantangan pers ke depan.

“Tanpa ada kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas, akan sulit bagi wartawan bisa terus menjaga profesi dan yang sangat penting, media massa dan wartawan bisa tetap menjadi fungsinya sebagai sosial kontrol dan pilar keempat demokrasi sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman,”ujarnya

Tugas wartawan sebagai penyambung aspirasi rakyat, lanjut Mawardi, sangat berat, untuk itu perlu peningkatan kemampuan teknis jurnalistik. “Melalui uji kompetensi wartawan disini diuji kemampuan wartawan akan terjadi proses seleksi, mana wartawan yang sungguh-sungguh dan wartawan yang asal-asalan,” katanya.

Mawardi menambahkan, bagi rekan-rekan wartawan media lain yang ingin mendaftar bisa menghubungi panitia saudara Muhammad Ikhsan Hp 082277751175 dan  demikian juga bagi wartawan diluar daerah bisa menghubungi Ibu Indri staf LPDS Jakarta Hp 0812-9295-290, syaratnya surat rekomendasi dari Pimpred masing-masing media, dan media bersangkutan sudah ter ferivikasi administrasi dari Dewan Pers,” tutur Mawardi.**

Penulis berita : Ferianda

Editor : Muhammad Ikhsan

 

Check Also

Gara-Gara Mobil yang Ditangkap Dipakai Oknum Dishub : Ratusan Drever Teksi Online Unjukrasa di Kantor Polresta Barelang

BATAM, RAKYAT MEDIAPERS.CO.ID-Patusan supir taksi online Batam berunjukrasa ke Kantor Polresta Barengkang, pasalnya salah satu …

Bea Cukai Batam Akomudir Wartawan Abal-Abal Liput Kunjungan Menteri

BATUAMPAR, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sejumlah wartawan di Kota Batam kecewa dengan sikap petugas Bea Cukai Batam yang bertindak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *