Home / KEPRI / BATAM / Pendapatan Parkir Bandara Untuk Pemko Batam Tidak Jelas
meizu

Pendapatan Parkir Bandara Untuk Pemko Batam Tidak Jelas

NONGSA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Pembagian pendapatan parkir di Bandara Internasional Hang Nadim untuk Pemerintah Kota Batam sebagai pemasukan Pendapatan Asli daerah (PAD) hingga kini kabarnya tidak jelas. Sementara pendapatan lainnya, masuk ke dalam kas negara. Salah satu contohnya yakni Passenger Service Charge (PSC).

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, kepada wartawan Kamis (8/11/2018) pekan lalu mengatakan. “Kalau pendapatan PSC itu kan include dengan tiket, jadi pendapatan PSC masuk ke kas negara. Karena merupakan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),”katanya

Sementara untuk parkir, lanjut Suwarso, memang Pemko Batam tidak menerima 100 persen. Hal itu dikarenakan ada rumusan pembanggian. Suwarso mengatakan Hang Nadim mendapatkan 39 persen dari pendapatan parkir selama sebulan. Sedangkan pengelola PT Adhil Parkir menerima pendapatan parkir sebanyak 61 persen.

Pendapatan Pemko Batam, dari pembagian yang diterima PT Adhil. Pemko Batam dapat 25 persen dari bagian pengelola parkir  PT Adhil Parking. Namun berapa besar pendapatan sebulan Pemko Batam dari parkir Bandara, Suwarso tak bisa menjelaskan dengan alasan tidak memegang data.

Demikian juga besaran pendapatan secara umum parkir Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso hanya mengatakan pendapatan parker Bandara hanya puluhan juta rupiah saja perbulannya.“Saat ini tidak banyak lagi, segitulah kira-kira. Kalau pastinya, saya harus tanyakan ke pihak marketing dulu,” tuturnya.

Tidak transparannya pendapatan parkir Bandara Internasional Hang Nadim, menjadi tanda Tanya berbagai pihak. Padahal, tidak kurang dari ribuan kenderaan masuk Bandara per/hari baik roda dua maupun roda empat. Demikian juga biaya parkir di Bandara Hang Nadim boleh dibilang cukup mahal dari biaya parkir di sejumlah Mall di Kota Batam.

Editor : Muhammad Ikhsan.

Check Also

BP Batam Gelar Event Festival Budaya 2018 Berskala Internasional

BATAM, RAKYAT MEDIA-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 189, Badan Pengusahaan …

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *