Home / KEPRI / BATAM / Kantor Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay Batu Ampar : Diduga Terbitkan Paspor Menggunakan Dokumen Bodong dan Foto Cofi
meizu

Kantor Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay Batu Ampar : Diduga Terbitkan Paspor Menggunakan Dokumen Bodong dan Foto Cofi

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Dari depan aktivitas kantor Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay  Batuampar sekilas tanpak sepi, namun jangan ditanya praktek dugaan pungutan liar dan penerbitan paspor dengan menggunakan dokumen bodong alias foto cofi di instansi yang dipimpin Sofia ini kkabarnya masih marak.

Bisa jadi dibuatnya unit pelayanan Imigrasi di lokasi ini bukan untuk menampung pembuatan paspor karena tingginya pemohonan paspor di kantor Imigrasi kelas I Batam Centre. Tapi diduga kuat untuk menghindari sorotan masyarakat atau pers dari permainan proses penerbitan paspor dengan menggunakan dokumen foto cofi alias bodong. Dugaan permainan penerbitan paspor menggunakan dokommen foto cofi yang dilakoni SF itu disebut sebut mendapat restu dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto.

Dari hasil pantauan Koran Rakyat Media di Kantor Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay belum alam ini, terlihat jelas ada sejumlah calo yang selama ini beroperasi di kantor Imigrasi Batam Centre, pindah operasi dengan membawa map untuk mengajukan paspor di tempat tersebut.
Disebut sebut biaya untuk meloloskan paspor pakai dokumen foto cofi ini juga cukup fantastis yakni mencapai Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.

Sebelumnya pejabat imigrasi berinisial SF yang mmenjabat Kepala unit Pelayanan Imigrasi Harbour bay ini disorot media ini karena diduga terlibat praktik dugaan pungutan liar penerbitan berbagai dokumen keimigrasian pembuatan Kitas dan kita bagi warga Negara asing (WNA) dengan mematok biaya diatas tariff resmi ketika menjabat sebagai Kepala unit Pelayanan Imigrasi Gedung Sumatera Batam Centre.

SF yang mendapat perlakuan istimewa dari atasannya meski kinerjanya dinilai sangat buruk namun SF masih dipercaya menduduki sejumlah jabatan rangkap yaitu sebagai Kasi Fosakim di kantor Imigrasi Batam Centre,”Saat ini SF menduduki jabatan Kepala unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay, padahal dia masih menjabat sebagai Kasi di Fosakim Imigrasi Batam Centre. Padahal kinerja SF sangat buruk, SF pernah terlibat kasus pungli ketika bertugas di gedung Sumatera,”ungkap sumber

Sumber itu menambahkan, dugaan praktik pungli yang dilakukan SF sebagai Kepala Unit Pelayanan Imigrasi gedung Sumatera, mmematok biaya pengurusan berbagai dokumen keimigrasian bagi warga Negara Asing (WNA) yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia, baik visa kunjungan kerja, visa kunjungan terbatas, kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap), kartu Izin Tinggal terbatas (Kitas), maupun izin tinggal sementara (Itas) sebesar Rp6 hingga Rp 7 juta,”sebut sumber.

Sementara Kepala Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay,  Sofia, ketika dikonfirmasi Koran Rakyat Media belum lama ini diruang kerjanya membantah tudingan yang dialamatkan ke instansinya. Sofi yang didampingi dua stafnya mengatakan, silakan di cek kalau ada pemohon paspor yang menggunakan dokumen bodong,”Mohon maaf, mohon izin, saya ini pejabat yang paling keras, kalau ada pemohon yang menggunakan berkas tidak bagus atau tanpa menunjukan yang asli saya tolak atau ditunda setelah mereka tunjukan dokumen yang asli baru kami proses,”ujarnya.

Sofi mengatakan, memang ada juga yang mengajukan permohonan paspor dengan menggunakan dokumen foto cofi, tetap kami tunda. Sofi yang mengaku diangkat sebagai Kepala Unit Pelayanan Imigrasi Harbour Bay, mulai 20 januari 2018 mengatakan,”Sebenarnya saya menjabat disini bukan berdasarkan SK, tapi ini perintah atasan yaitu dari pak Lucky Agung Binarto, kalau posisi saya tetap di Batam Centre,”katanya.

Editor : Mawardi

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Irjen Pol Andap Budhi Revianto Kapolda Kepri yang Baru

BATAM, RAKYAT MEDIA-Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.I.K bakal segera menggantikan Irjen Pol Didid Widjanardi …

Proyek Semenisasi Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam Dikerjakan Asal Jadi

BATAM, RAKYATmediapers.co.id-Aroma adanya permainan kongkalikong terkait pelaksanaan proyek pada tahun 2018 di Dinas Perumahan Rakyat, …