Home / KEPRI / BATAM / SF Pejabat Imigrasi Yang Mendapat Perlakuan Istimewa Dari Atasannya
meizu

SF Pejabat Imigrasi Yang Mendapat Perlakuan Istimewa Dari Atasannya

BATAM CENTRE, RAKYATMEDIAPERS.CO.IDOknum pejabat Imigrasi berinisial SF yang pernah disorot karena diduga terlibat praktik pungutan liar penerbitan berbagai dokumen keimigrasian pembuatan Kitas dan kitap bagi warga Negara Asing (WNA) dengan mematok biaya diatas tarif resmi ketika menjabat Unit Pelayanan Imigrasi Gedung Sumatera Batam Centre, mendapat perlakuan istimewa dari atasannya.

Informasi yang di terima Koran Rakyat Media dari sumber di internal kantor Imigrasi Batam Centre mengungkapkan, oknum pejabat SF salah seorang pejabat di kantor Imigrasi kelas I Batam Centre, yang mendapat perlakuan istimewa dari atasan. Dimana saat ini SF diangkat oleh atasannya menduduki  tiga jabatan di kantor Imigrasi Batam.

“SF menduduki tiga jabatan, sebagai kasi di bagian Fosakim, Kepala Unit Pelayanan Imigrasi Gedung Sumatera dan Kepala Unit pelayanan Imigrasi di Harbour Bay Batuampar. Padahal oknum kinerja SF pernah dinilai sangat bobrok, SF pernah terlibat kasus dugaan pungli di Gedung Sumatera, tapi oleh atasannya ia diberi tiga jabatan. Tak tahu apa ilmunya sampai pimpinan tunduk pada SF, padahal masih banyak pejabat yang lebih senior dan pintar dari SF,”ungkap sumber yang minta tidak ditulis namanya dalam berita ini.

Lebih lanjut sumber itu menjelaskan, dugaan praktik pungli yang dilakukan SF sebagai Kepala Unit Pelayanan Imigrasi di Gedung Sumatera saat itu,  mematok biaya pengurusan berbagai dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing (WNA) yang akan melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia, baik visa kunjungan kerja, visa kunjungan terbatas, kartu Izin Tinggal Tetap (Tetap), kartu Izin Tinggal terbatas (kitas), maupun izin tinggal sementara (Itas) sebesar Rp 6 hingga Rp 7 juta.

Dimana SF sebagai pimpinan di unit pelayanan Imigrasi  Gedung Sumatera saat itu dalam menjalankan praktik pungli tersebut bekerjasama dengan calo berinisial NV. Untuk menjalankan praktik percaloan permainan pungli map merah ini NV tidak sendirian. NV menggandeng CHR tukang foto cofi dikantor itu. hasil Pungli yang dikumpulkan kedua calo dari semua agen atau pengurus dalam satu Minggu, kemudian setiap hari Kamis di transfer ke rekening karyawan honor atas nama Reza dan Krisna.

Namun, kartu ATM atas nama kedua karyawan honor tersebut dipegang oleh SF. Sedangkan sebagian lagi hasil pungli yang dikumpulkan NV di setor tunai kepada M alias IS. Kabarnya SF dan M alias IS disebut sebut menerima jatah pungli sebesar Rp40 juta per orang, jelas sumber itu.

Masih kata sumber, sejak diangkat menjabat sebagai Kepala Uniut Pelayanan Imigrasi di Harbour Bay, kebiasaan lama SF mencari sampingan untuk mengisi dompetnya diluar dari gaji yang diterima setiap bulan tidak bisa ditinggalkannya. Ditempat tugas yang baru, belum lama ini SF disebut sebut sering menerbitkan paspor kepada pemohon yang menggunakan dokumen bodong, kata sumber.

Sumber itu menambahkan, isu yang berkembang dari mulut ke mulut  SF bisa mendapat perlakuan istimewa dari pimpinan Imigrasi di Batam, karena SF kabarnya punya saudara pejabat teras di Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Jakarta. Namun, ada juga isu berkembang disebut sebut SF ada hubungan spesial dengan salah seorang oknum pejabat dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM  Provinsi Kepri, ungkap sumber.(rm/dwm).

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Irjen Pol Andap Budhi Revianto Kapolda Kepri yang Baru

BATAM, RAKYAT MEDIA-Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.I.K bakal segera menggantikan Irjen Pol Didid Widjanardi …

Proyek Semenisasi Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam Dikerjakan Asal Jadi

BATAM, RAKYATmediapers.co.id-Aroma adanya permainan kongkalikong terkait pelaksanaan proyek pada tahun 2018 di Dinas Perumahan Rakyat, …