Home / KEPRI / BATAM / Anggota Dewan Tuding Ada Pungli di PPDB Kota Batam
meizu

Anggota Dewan Tuding Ada Pungli di PPDB Kota Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Anggota DPRD Kota Batam, Udin P Siahaloho menyoroti sejumlah masalah yang masih membayangi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Wilayah Kota Batam, ada pungutan liar (pungli) di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sejumlah orangtua siswa lapor padanya.

Udin P Siahaloho mengatakan, menurut sejumlah orangtua siswa, pihak sekolah meminta sejumlah uang. “Ada yang minta 6 juta, ada yang minta 8 juta, ada tiga orang yang lapor sama saya,” ungkapnya di Kantor DPRD Kota Batam, Senin (2/7/2018) kemarin.

Udin menduga, pungli ada karena daya tampung Sekolah Negeri tidak cukup. Prosentase sekolah swasta di Batam lebih tinggi,  yaitu 60%. Udin mengatakan, hal ini membuat orangtua siswa khawatir.

Mereka tidak mau anaknya sekolah di swasta. “Beberapa sudah ada yang sms dan Whatsapp saya, mereka khawatir, padahal nilai anaknya juga mencukupi dan tinggal dengan sekolah zonasi,” ujarnya.

Menurutnya celah ini akan dimainkan calo atau oknum untuk melakukan pungli. Orangtua siswapun bisa jadi pilih melalui jalur ini. “Atau mereka para orangtua itu yang menawarkan diri sendiri, dari pada anaknya tidak masuk sekolah negeri,” katanya.

Sejumlah orangtua siswa memilih Sekolah Negeri untuk anaknya karena lebih murah dibandingkan sekolah Swasta. Mereka memilih menunda sekolah jika tak masuk sekolah negeri. “Ada yang lapor sama saya, anaknya tidak diterima padahal sudah berusia 8,5 tahun,” ucapnya. (rm/btN).

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

ATB Nunggak Pajak Air Rp39,9 Miliar, DPRD Kepri Desak Pemrov Tagih Utang PT. ATB

TANJUNGPINANG, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Polemik masalah tunggakan pajak PT Adya Tirta Batam (ATB) dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau …

Proyek Pengaspalan Jalan Parit Tegak Senilai Rp 1,8 Miliar Asal jadi

KUNDUR, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Minimnya pengawasan Konsultan pengawas dan TP4D,membuat para kontraktor leluasa mengerjakan proyek asal jadi. Hal …