Home / KEPRI / BATAM / ATB Naikan Deposit Pelanggan Tanpa Pemberitahuan : Miliaran Rupiah Deposit Pelanggan Ngendap di Rekening ATB
meizu

ATB Naikan Deposit Pelanggan Tanpa Pemberitahuan : Miliaran Rupiah Deposit Pelanggan Ngendap di Rekening ATB

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Sejumlah pelanggan ATB pada saat pembayaran rekening air bulan April 2018 ini, merasa terkejut dan mempertanyakan penambahan biaya berkisar antara Rp50.000 sampai Rp100.000 diluar rekening pemakaian.

Penambahan Rp50 ribu sampai Rp100 ribu, itu disebut-sebut sebagai tambahan deposit disebabkan rumah tempat tinggal typenya ditingkatkan tanpa sepengetahuan pemilik rumah. MIsalnya saja, rumah type 28 yang diketagorikan selama ini sebagai rumah murah golongan 2C, ditingkatkan menjadi 2D.  Hanya saja, belum jelas kriteria apa yang dipakai pihak ATB dalam peningkatan  golongan rumah tempat tinggal tersebut.

Salah satu petugas yang ditanyai Rakyat Media di kantor pembayaran ATB  SP Batu Aji, hanya menjelaskan bahwa penambahan Rp50.000 hanya sekali saja dipungut sebagai peningkatan rumah tempat tinggal menjadi 2D.   Petugas tersebut kemudian menunjukkan kertas bahwa untuk rumah murah dengan golongan 2C sudah tidak ada lagi saat ini.  Melainkan sudah ditingkatkan menjadi 2 D.  Namun petugas itu tidak menjelaskan, apa dasar hukum peningkatan golongan dari 2 C ke 2D.

Demikian juga type 42 keatasnya, penambahan mencapai Rp100 ribu.   Petugas di Kantor ATB SP Batu Aji itu menyebut, bahwa semua pelanggan selama ini harus ada simpanan atau deposit di ATB.  Misalnya untuk golongan 2C sebesar Rp100.000 sebagai type rumah murah..

Maka setelah tak ada itu lagi rumah murah, maka depositnya ditingkatkan menjadi Rp150.000  sehingga penambahan Rp50 ribu itu, untuk  menambah deposit yang sudah ada, jelas petugas ATB tersebut.   Demikian juga rumah mewah, depositnya harus ditambah. Sangat disayangkan, penambahan biaya deposit   tersebut dilakukan secara tiba-tiba tanpa ada sosialisasi kepada pelanggan sebelumnya.

Sementara Kepala ATB yang akan dikonfirmasi seputar penambahan deposit tersebut ke kantornya  Sukajadi, pegawaianya sedang keluar.  Bisa dikalikan, jika ada  400 ribu saja pelanggan ATB dikali rata-rata Rp100.000,  sudah berapan dana pelanggan yang tersimpan di rekening ATB.  Masalah penambahan deposit ini, masih akan diulas  SMP untuk edisi selanjutnya.(rm/arifin marbun)

Check Also

BP Batam Gelar Event Festival Budaya 2018 Berskala Internasional

BATAM, RAKYAT MEDIA-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 189, Badan Pengusahaan …

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk …