Home / KEPRI / BATAM / Mall Pelayanan Publik Kota Batam Jadi Percontohan Terbaik di Indonesia
meizu

Mall Pelayanan Publik Kota Batam Jadi Percontohan Terbaik di Indonesia

BATAM, RMNEWS.CO.ID-Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam menjadi salah satu percontohan untuk daerah lain. MPP di Indonesia sudah mulai di 4 Kota di DKI Jakarta, Surabaya, Bali dan Bayuwangi. Ternyata projek percontohan ini ditanggapi seluruh daerah.

Respon yang paling cepat kebetulan itu Batam. Dan Batam Sekarang malah menjadi percontohan untuk daerah lain, ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur.

Kedatangan Menteri BUMN, Menteri PAN-RB, dan Jaksa Agung. Ketiga pejabat pusat itu mendatangi MPP, dengan agenda peninjauan sebelum pelaksanaan peresmian MPP oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengatakan bahwa MPP di Batam merupakan percontohan MPP terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjaga di sana, agar ditempatkan yang berkompeten supaya pelayanan dan perizinan tidak memakan waktu yang lama.

“Untuk calon investor juga harus dilayani. Walaupun sekedar informasi,” kata Rini. Rini mengakui, MPP di Batam sedikit berbeda dengan daerah lain. Selain pelayanan perizinan yang lebih komplit, fasilitas penunjang juga bagus dan membuat betah.

“Dengan adanya pelayanan ini, pasti bisa menyatukan semua. Persoalan investor akan mudah selesai,” katanya. Rini mengakui, beberapa waktu belakangan, beberapa daerah mengalami masalah kepercayaan dari investor. Sehingga pendapatan daerah dan Negara sempat turun. Namun dengan adanya MPP, ia yakin berbagai persoalan investasi akan segera selesai.

“Apalagi dengan dilakukannya non tunai dan sistem online. Trust investor akan naik,” ia optimis. Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, kembali menjelaskan bahwa awalnya di Indonesia, percontohan MPP hanya dilakukan di 4 daerah besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Banyuwangi. Namun karena animo banyak yang tertarik, Batam juga dipilih jadi aalah satu pilot project MPP.

“Respon paling cepat datang dari Batam. Sekarang di sini jadi contoh. Bahkan, sekarang MPP jadi viral. Sudah 19 daerah antri mau buat MPP,” kata Asman. Dia berharap, dengan adanya MPP, Perizinan yang memakan waktu hitungan hari, bisa dipersingkat menjadi hitungan jam. Begitu juga perizinan yang berjam-jam agar dipercepat.

“Saya yakin, dengan begitu pertumbuhan investasi akan baik,” ungkapnya. Selain itu, Menpan juga yakin, MPP Batam dapat membantu meningkatkan peringkat Indonesia terhadap kemudahan bisnis atau Ease Of Doing Business (EODB) dari peringkat 71, ke 40 dunia.

“Itu perintah presiden. Dengan transparansi, dan kemudahan, kita yakin bisa tercapai,” ungkapnya. Sementara Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo, turut mengapresiasi langkah yang diambil Batam terhadap pembangunan MPP. Ia yakin, Pemerintah dapat menyehatkan kualitas pelayanan publik dengan MPP.

“Dengan MPP, pasti lebih ringan tugasnya,” singkatnya. Selain itu, Kepala Dinas Penanaman Modal – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Gustian Riau, mengaku senang mendapat kabar bahwa MPP yang dikelola Pemerintah Kota menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Pertama merasa senang. Memang sesuai dengan komitmen, beliau (Menpan-RB) akan menghadirkan Menteri BUMN. Untuk melihat apakah ada transaksi tunai atau non tunai,” katanya.

Sejalan dengan keinginan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Gustian akan kembali meningkatkan pelayanan, dalam rangka persiapan peresmian yang akan dilakukan bulan April ini oleh Presiden Republik Indonesia. “Untuk tanggalnya belum tahu. Yang jelas April ini dijadwalkan,” ungkapnya. Berbagai persiapan juga sudah dilakukan, termasuk komitmen bersama dalam pelayanan yang baik.

“Kita ajak semua yang berkepentingan. Semua kan sudah online, dan waktu yang dibutuhkan tak lagi panjang,” ujarnya. Saat ini, MPP Kota Batam melayani 427 perizinan dalam 30 instansi yang melayani.

EDITOR : IKHSAN

Check Also

BP Batam Gelar Event Festival Budaya 2018 Berskala Internasional

BATAM, RAKYAT MEDIA-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 189, Badan Pengusahaan …

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk …