Home / KEPRI / BATAM / Koran Umum Rakyat Media : Perusahaan Pers Pertama Gelar UKW di Provinsi Kepri
meizu

Koran Umum Rakyat Media : Perusahaan Pers Pertama Gelar UKW di Provinsi Kepri

BATAM, RMNEWS.CO.ID-Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan di Batam dan khususnya Provinsi Kepri yang diselenggarakan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Provinsi Kepri sudah berlangsung yang ke sembilan kalinya.

Namun penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh perusahaan pers sepertinya baru Koran Umum Rakyat Media yang pertama kalinya di Provinsi Kepri yang menggelar Lokakarya Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawaan pada 09-11 April 2018 baru lalu.

Sebelumnya berdasarkan catatan Panitia pelaksana ada 26 wartawan dari berbagai media baik cetak maupun online yang telah mendaftar ke panitia akan mengikuti UKW tersebut. Namun pada hari pelaksanaan hanya sebanyak 15 orang wartawan ikut yang ikut menjadi peserta baik dari wartawan internal perusahaan Koran Umum Rakyat Media maupun dari berbagai media cetak dan online di Kepri..

Mawardi selaku Panitia penyelenggara mengatakan, jumlah peserta yang ikut dalam UKW tersebut ada 15 orang wartawan dari berbagai media cetak Mingguan dan media Online. Para peserta dibagi dalam 3 kelompok, untuk tingkat Utama 1 kelompok, tingkat Madya 1 kelompok, dan tingkat Muda 1 kelompok. 5 orang jenjang wartawan utama, 3 orang madya dan 7 wartawan muda. Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar selama tiga hari di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Centre.

“UKW tersebut digelar selama tiga hari, sebagai tim penguji, koran Rakyat Media bekerjasama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Jakarta. Tim penguji  adalah Priyambodo RA, A Ariwibowo, dan Zufri Alkatiri dibantu tiga staf pendukung masing masing Indria Prawitasari, Ayu Utari, dan Lucia Susmiyarti. Sementara sebagai nara sumber yaitu Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar Hendrayana, Hendrayana Direktur Ekskutif Lembaga Pers Dr.Soetomo,”kata Mawardi.

Mawardi menjelaskan, sehari sebelum dilaksanakan uji kompetensi wartawan, para peserta diberikan pembekalan tentang jurnalistik dalam acara lokakarya jurnalistik selama satu hari. Adapun UKW yang dilaksanakan tersebut meliputi jenjang wartawan muda, madya dan utama.

Menurut Mawardi yang juga alumni LPDS tahun 2018, UKW merupakan program Dewan Pers dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan. Wartawan yang lulus mengikuti uji kompetensi, berarti telah memiliki kemampuan yang disyaratkan untuk mencapai kinerja yang optimal dalam menjalankan tugas jurnalistik,”ujar Mawardi

 

Lebih jauh Mawardi menjelaskan, Uji kompetensi wartawan ini digelar sebagai bentuk komitmen perusahaan koran Umum Rakyat Media dan sejumlah media cetak Batam dan khususnya Kepri dalam mendukung program Dewan Pers dan meningkatkan kualitas maupun profesionalitas kewartawanan di masing masing media.

EDITOR : MAHYUDDIN

Check Also

BP Batam Gelar Event Festival Budaya 2018 Berskala Internasional

BATAM, RAKYAT MEDIA-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 189, Badan Pengusahaan …

Koran Rakyat Media Kembali Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan UKW ini untuk …