Home / KEPRI / BATAM / Koran Rakyat Media Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam
meizu

Koran Rakyat Media Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Koran Umum Rakyat Media akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Lovina Inn Batam Centre tanggal 09-11 April 2018 mendatang. Kegiatan UKW yang akan digelar  selama tiga hari tersebut dengan mendatangkan tim penguji tingkat Nasional dari Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Jakarta.

Sehari sebelum uji kompetensi wartawan dilaksanakan, para peserta diberikan pembekalan tentang jurnalistik dalam acara lokakarya jurnalistik selama satu hari. Uji kompetensi wartawan ini digelar sebagai bentuk komitmen perusahaan koran Umum Rakyat Media untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalitas kewartawanan baik bagi kalangan wartawan koran Rakyat Media sendiri maupun wartawan media lain yang ikut sebagai peserta UKW

Kegiatan Lokakarya Jurnalistik dan Uji Kompetensi wartawan yang akan digelar tersebut, selain diikuti peserta dari awak redaksi, redaktur dan wartawan perusahaan koran umum Rakyat Media. Juga wartawan dari berbagai media cetak mingguan dan media online di Kepri seperti Tanjungpinang, Natuna, Karimun dan Lingga.

dengan Tim Penguji dari Lembaga Pers Dr.Soetomo Jakarta, yang semula akan digelar pada tanggal 27-29 Maret 2018 ini ditunda menjadi tanggal 10-12 April 2018 mendatang.

“Seyogianya kegiatan ini digelar pada 27-29 Maret 2018, tapi ditunda karena kami dapat informasi dari Manajer Program Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Jakarta, Indria Prawitasari, bahwa Direktur Ekskutif LPDS Priyambodo masih berada di Thailand  dan ada kegiatan lain bersamaan dengan jadwal yang kami ajukan kepada LPDS,” kata Mawardi Ketua Panitia pelaksana Uji Kompetensi Wartawan Koran Umum Rakyat Media di Batam kemarin.

Menurut Mawardi yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Koran Rakyat Media, saat ini jika tidak berubah sudah ada  25  wartawan, baik media cetak maupun dari berbagai media online  yang sudah mendaftar untuk ikut Uji Kompetensi Wartawan tersebut. Dari 25 wartawan, 13 orang diantaranya adalah wartawan Koran Umum Rakyat Media.

Mawardi menjelaskan, rinciannya dari 25 orang wartawan tersebut sebanyak 8 orang diantaranya mendaftar pada jenjang wartawan muda, 11 orang untuk jenjang wartawan madya, sementara untuk jenjang wartawan utama sebanyak 7 orang.

Dikatakannya, meski pelaksanaan UKW ditunda, antusias para wartawan untuk mendaftar ikut Lokakarya dan uji kompetensi wartawan yang akan digelar oleh Koran Umum Rakyat Media dengan mendatangkan tim penguji dari Lembaga Pers Dr. Soetomo Jakarta masih cukup tinggi.

Mawardi mengatakan, persyaratan untuk mengikuti UKW tersebut sudah disampaikan kepada peserta.”Memang tidak gratis, biaya yang dikenakan per orang selama 3 hari sudah ditentukan oleh LPDS yaitu sebesar Rp 3,500,000, biaya itu meliputi honorium narasumber, penguji dan staf pendukung, tim penguji, bahan alat tulis, bahan uji, biaya buku panduan, alat tulis dan fotocofi,” kata Mawardi.

Mawardi menambahkan, pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) digelar oleh perusahaan media Mingguan di Kepri dengan mendatangkan tim penguji tingkat Nasional dari Lembaga pers Dr.Soetomo (LPDS) Jakarta, baru pertama kali dilakukan di Kepri. Program UKW yang digelar perusahan Pers dengan tim penguji dari LPDS, sudah sering dilakukan LPDS seperti Detik.Com, Media Indonesia, LKBN ANTARA dan harian Singgalang.

“UKW yang akan kita gelar ini sesuai surat dari LPDS Nomor.0001/SK-I/I/2017 tanggal 12 Januari 2018  disusul SK No.0023/SK-L/III/2018 tanggal 19 Maret 2018 yang ditandatangani Direktur Ekskutif LPDS Priyambodo RH. Kegiatan Ini sudah lama kita rencanakan, kita ajak rekan rekan wartawan diluar PWI atau AJI yang medianya sudah lolos verifikasi administrasi. Kalau belum terverifikasi memang tidak bisa kita akomodir,”ujarnya.

Mawardi menambahkan, sebelumnya ia telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang wartawan utama dan Lokakarya Jurnalistik di Lembaga Pers Dr. Soetomo, dengan peserta sebanyak 45 orang dari berbagai media seluruh Indonesia  selama 3 hari pada 6-8 Maret 2018 di lantai tiga gedung Dewan Pers Jakarta.” Alhamdullilah saya lulus,”tutur Mawardi.(rm/ikhsan)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Ratusan Orang Tua Calon Murit Mengeluh dan Kecewa, Sitem PPDB Disdik Kepri Amburadul

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Kinerja Muhammad Dali selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang baru dilantik …

Kepala Imigrasi Pelabuhan Feri Batam Centre Khairil Mirza : Imigrasi Pelabuhan Batam Centre Terus Tingkatkan Pelayanan

BATAM, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian bagi keluar masuknya penumpang yang menggunakan jasa Pelabuhan Feri Internasional …