Home / INTERNASIONAL / Imigrasi Indonesia-Singapura Gelar Pertandingan Olahraga
meizu

Imigrasi Indonesia-Singapura Gelar Pertandingan Olahraga

BATAM CENTRE, RAKYAT MEDIA-Imigrasi Indonesia dan Imigrasi Singapura atau Immigration and Checkpoint Authority (ICA) Singapore menggelar berbagai pertandingan olahraga selama sehari penuh di Batam, Jumat (25/8/2017).

Kegiatan yang dikemas dalam program “Friendly Game” ini mempertandingkan lima cabang olahraga, yakni tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, futsal hingga golf yang digelar di lima tempat berbeda. Seperti halnya tenis lapangan di lapangan indor KDA dan golf di Soutlink, Tiban.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil KemenkumHAM) Kepri, Bambang Widodo mengatakan bahwa berbagai pertandingan persahabatan tersebut ditujukan untuk memperkuat hubungan kerjasama kedua negara, khususnya instansi imigrasi.

“Ini dalam rangka memperkuat kerjasama Imigrasi Indonesia dengan Imigrasi Singapura, dan tahun ini kita ditunjuk sebagai tuan rumah,” ungkap Bambang Widodo didampingi Kakanim Batam, Lucky Agung Binarto kepada wartawan di Batam

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, acara yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-72 tersebut, dibuat untuk menjalin hubungan kerjasama peningkatan pelayanan dan pengawasan wilayah perbatasan, baik hubungan instansi maupun hubungan secara personal.”Peningkatan hubungan ini tidak hanya instansi, tapi juga menjadi ajang memperkuat hubungan secara personal Imigrasi kedua negara,” ujarnya.

Sebelumnya, Singapora sudah memberikan layanan autogate kepada WNI pemilik e-paspor di Singapura, dengan catatan fasilitas ini diberikan kepada WNI pemilik paspor elektronik yang sudah tiga kali melakukan perlintasan dari Indonesia ke Singapore Kedua, kerja sama dalam rangka penguatan border protection dan border security.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Imigrasi Indonesia terhadap Warga Negara Singapura, dan secara khusus Kepri. Dimana kunjungan Wisatawan Kepri didominasi hampir 70 persen dari WN Singapora.

Hadir dalam kegiatan, jajaran Kanwil KememhumHAM Kepri yang dipimpin langsung Bambang Widodo, Direktur Pengawasan dan Penindakan Dirjen Imigrasi, Jaeroji, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil KemenkumHAM Kepri, E. Rustarto, Keok Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pusat, Hamzah dan Para Kepala Kantor Imigrasi se Kepri.

Sedangkan dari delegasi ICA Singapura, hadir Nam Liang Chia/Domain Commander of Sea, Wong Hong Meng/Enforcement Division dan Chia Hoi Mun/Commander of Coastal.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengaku kegiatan tersebut memberikan manfaat yang cukup besar bagi Imigrasi Batam, sebab mereka berbatasan langsung dengan Singapura.

“Alhamdulillah kita berbaur, dan tentu ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam hubungan kerjasama kedepan,” ujar Lucky.

Karena dipandang sangat strategis dalam memperkuat hubungan kerjasama, tahun depan kegiatan yang sama akan diperluas dengan melibatkan tiga negara, yakni Imigrasi Indonesia, Imigrasi Singapura dan Imigrasi Malaysia.(rm/ferianda).

Check Also

PRT Indonesia di Singapura Dijual Lewat Situs Niaga Carousell Singapura

SINGAPURA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Kementerian Tenaga Kerja Singapura kini tengah menyelidiki kasus ‘penjualan’ sejumlah pembantu rumah tangga yang …

Ketua DPR RI Memuji KBRI Singapura Terhadap Perlindungan Pekerja Imigran Indonesia

SINGAPURA, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Ketua DPR-RI, Bambang Soesatyo memuji upaya KBRI Singapura memberikan perlindungan kepada Pekerja Migran Indonesia …